Cari Tempat Wisata


Batu : Kota Wisata yang Dikelilingi Pegunungan yang Indah

Batu : Kota Wisata yang Dikelilingi Pegunungan yang Indah
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Batu, Provinsi Jawa Timur
Views : 3628

Apel hijau segar, udara pegunungan yang sejuk, dan keindahan alam yang menakjubkan adalah beberapa di antara banyak fitur menarik yang berhubungan dengan kota Batu yang menyenangkan di Jawa Timur. Terletak sekitar 15 Km sebelah barat dari kota Malang atau sekitar 100 Km dari Surabaya, ibukota Jawa Timur, kota Batu dijuluki Klein Switzerland atau Swis kecil pada masa penjajahan Belanda. Saat ini, fitur alami yang menarik dari Batu bertambah, sejumlah taman menarik telah ditambahkan, sehingga benar-benar sebuah kota liburan untuk seluruh keluarga.

Sampai tahun 2001, Batu itu secara administratif bagian dari Kabupaten Malang, namun sejak saat itu telah menjadi kota tersendiri.

Dikelilingi oleh tiga gunung: Gunung Panderman, Gunung Arjuna, dan Gunung Welirang, kota Batu terletak di sebuah bukit antara 680 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki banyak untuk ditawarkan sebagai tujuan liburan yang sempurna.

Selecta, sebuah resor wisata dengan spesial dibangun pada tahun 1928, terletak di lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuna adalah sebuah resor favorit yang santai sejak zaman kolonial Belanda. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau yang subur, taman bunga, dan lido besar. Bagi mereka yang ingin merasakan air panas menyegarkan,dekat lokasi ini terdapat  air panas Songgoriti dan air panas cangar tidak hanya akan menyegarkan tubuh menjadi rileks tetapi juga pikiran. Cuban Rondo, Cuban Rais, dan Cuban Talun di sini adalah beberapa air terjun yang indah yang menambah kemegahan alam kota Batu.

Apel hijau yang manis adalah ikon kota ini yang menyenangkan, dan dengan alasan yang baik, karena Batu bersama-sama dengan Malang dikenal sebagai pusat produsen utama apel bangsa. Perkebunan apel di sekitar kota juga telah tumbuh sebagai tempat wisata di mana pengunjung dapat menikmati sensasi memetik apel segar langsung dari pohon-pohon. Desa Punten, Desa Bumiaji, dan Kusuma Agro adalah tempat di mana apel menjadi daya tarik utama.

Jatim Parkatau Jawa Timur Park menggabungkan kegiatan rekreasi dan pendidikan, membuatnya menjadi tujuan yang sempurna untuk anak-anak. Taman ini dilengkapi dengan sebuah stadion Sains yang dapat menampung sekitar 300 orang dan dilengkapi dengan koleksi ilmu indoor dan outdoor. Water Park, Midi Skater, Airborne Shoot, adalah beberapa di antara wahana yang akan menyenangkan pengunjung dari segala usia.

Selain taman pertama, Jatim Park 2 secara resmi dibuka pada tahun 2010. Dengan tema rekreasi dan pendidikanyang sama, Jatim Park 2 lebih berfokus pada kerajaan satwa liar di dua atraksi utama: Museum Hewan dan Batu Secret Zoo. Dengan Arsitektur Romawi, Museum Satwa menyajikan koleksi lebih dari 1000 buah mulai dari fosil, kehidupan binatang, dan banyak lagi dalam museum gaya modern. Batu Secret Zoo menawarkan lebih dari sekedar kebun binatang biasa. Selain menyajikan beberapa koleksi paling unik dari hewan, penekanan pada "Rahasia" diimplementasikan di banyak fakta menarik yang disajikan kepada pengunjung melalui berbagai media. Jatim Park juga dilengkapi hotel bergaya pohon yang disebut Pohon  Inn.

Sensasi lain dari Batu’s Theme Park, BatuNight Spectacular terletak tidak terlalu jauh dari kompleks Jatim Park 2. Dibuka pada tahun 2008, koleksi wahana dan fitur lainnya secara khusus dirancang untuk rekreasi malam. Pembukaan dari jam 03:00 sore hingga 02.00 pagi waktu setempat, pengunjung akan senang untuk mengambil galeri hantu, Rocking perahu, Rocking boat, Bumper cars, Vertical Spinning Bike, High air Bike, Go Cart, dan wahana lain di bawah cahaya terang bulan Batu .

Mendeklarasikan diri sebagai kota wisata, Batu benar-benar menawarkan pengalaman yang lengkap untuk mereka yang ingin pergi dari kehidupan kota yang ramai.

Makanan

Terkenal sebagai kota "apel", satu hal yang harus Anda dapatkan bahwa tujuan liburan Anda di Kota Batu adalah tentu saja produk apple (buah bukan gadget). Dari apel yang baru dipetik, sirup apel, hingga kerupuk apel. Pusat toko-toko suvenir dan makanan ringan di mana saja pasti akan menawarkan ini. Selain apel, Batu juga menawarkan berbagai jenis buah-buahan, seperti Nangka, Pisang, Jambu, Belimbing, Salak, Semangka, dan banyak lainnya.

Mencapai Lokasi

Kedekatannya dengan kota Malang (berkendara hanya 30 menit) membuat Batu mudah diakses melalui beberapa moda transportasi. Dari Surabaya, Jakarta atau Bandung Anda dapat naik kereta api yang akan berhenti di Stasiun Kota Malang. Kemudian Anda dapat melanjutkan ke Batu dengan taksi, atau angkutan umum. Bandar Udara Abdurrahman Saleh di Malang melayani penerbangan dari Jakarta dan Bali. Dari Terminal Bungurasih di Surabaya ada layanan bus yang sering ke stasiun Arjosari bus Malang ini. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Dari Stasiun Arjosari, Anda dapat naik taksi atau angkutan umum ke Batu.

Penginapan

Ada banyak hotel cukup eksklusif di Batu yang dirancang untuk memenuhi pasar akhir pekan. Jika Anda mengunjungi Batu pada hari kerja di luar musim liburan sekolah, Anda bisa sangat mungkin mendapatkan kesepakatan yang bagus di salah satu hotel. Anggaran akomodasi sederhana juga tersedia tanpa reservasi dan jika Anda mengunjungi pada hari kerja ,Anda akan hampir pasti menemukan banyak pilihan yang tersedia.

Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi di Batu:

Kartika WijayaHotel
JL panglima Sudirman 127, Batu,,
Telepon: +62 341 592600

Klub Bunga
JL Kartika 1, Batu,
Telepon: +62 341 594777
Email: klubbunga@indo.net.id

Kampung Lumbung Boutique Hotel dan Spa
JL Puskesmas Dalam Raya bejire 1
Telepon: +62 341 5025177
Email: grahabunga@grahabunga.com

Metropole Hotel
JL panglima Sudirman 93, Batu
Telepon: +62 341 591759

Royal Orchid Taman
JL. Indragiri 4, Batu
Telepon + 62 341 593083

Hotel Sumber
JL. Darsono 14, Batu 65311,
Telepon: +62 341 591467

Villa Gunung Putri
JL. Arumdalu ada. 42, Songgoriti
Telepon: +6281916339191

Makanan

Menjadi kota wisata, Batu tidak pernah kekurangan fasilitas, termasuk pilihan bersantap. Jika Anda ingin mencicipi masakan lokal Anda dapat mencoba beberapa masakan khas Jawa Timur seperti Rawon, SotoAyam, dan Bakso Malang.

or cancel