Cari Tempat Wisata


Pantai Ohoidertawun di Pulau Kei Kecil : Surga Tersembunyi di Kabupaten Maluku Tenggara

Pantai Ohoidertawun di Pulau Kei Kecil : Surga Tersembunyi di Kabupaten Maluku Tenggara
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Maluku
Alamat : Pantai Ohoidertawun, Pulau Kei Kecil, Maluku Tenggara, Maluku
Views : 1742

Kabupaten Maluku Tenggara terkenal sebagai daerah kepulauan yang memiliki banyak pantai yang masih perawan dan menarik. Salah satunya terletak di Pulau Kei Kecil, yang disebut Pantai Ohoidertawun. Namanya berasal dari lokasi pantai berada di Desa Ohoidertawun. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya dan suasananya yang nyaman. Belum lagi pantai ini memiliki pasang surut terpanjang dibandingkan dengan pantai lain di Maluku dan penduduk setempat menyebutnya "Meti". Selain itu, wisatawan terus datang ke pantai ini untuk menikmati pantainya yang menakjubkan dan pemandangan bawah lautnya yang indah.

Seperti disebutkan sebelumnya, Pantai Ohoidertawun memiliki pasir yang lembut dan nyaman. Warnanya putih dan tekstur pasirnya mirip dengan tepung. Itu berarti wisatawan bisa menikmati pantai dengan berjalan kaki tanpa alas kaki dengan nyaman. Pasir yang lemput seperti tepung akan terasa nyaman diinjak dan tidak akan melukai kaki serta terasa hangat juga. Selanjutnya, air lautnya tenang dan jernih, dimana pengunjung bisa bermain dan berenang di dalamnya. Tidak ada pohon atau tumbuhan yang tumbuh di sekitar Pantai Ohoidertawun. Itu berarti pemandangan pantai terlihat polos tapi cantik.

Menjelajahi Pantai Ohoidertawun

Hal yang paling menarik tentang Pantai Ohoidertawun adalah pemandangan lautnya yang menakjubkan dengan laut biru dan pasir putihnya yang lembut seperti tepung. Fitur ini membuat lingkungan yang sempurna untuk berjalan di pantai, pastinya. Sedangkan untuk ekstra, sinar matahari hangat dan angin sepoi-sepoi akan meremajakan tubuh semua orang. Tidak ada yang bisa membandingkan berjalan di pantai sambil menikmati suasana pesisir. Adapun  waktu terbaik untuk menjelajahi pantai adalah saat air surut atau "meti". Pada saat itu, garis pantai semakin lebar sehingga wisatawan bisa menjelajahinya sebaik mungkin.

Berjalan kaki di sepanjang pantai memang merupakan kegiatan yang direkomendasikan di pantai seperti ini, namun ada hal seru lainnya yang harus dilakukan. Misalnya, pengunjung diperbolehkan menikmati berjemur berkat paparan sinar matahari yang tepat. Untuk anak-anak, pantai adalah lokasi yang sempurna untuk membangun istana pasir dan bermain sepak bola. Beberapa penduduk setempat bahkan memanfaatkan lokasi untuk mencari kerang di pasir. Bahkan, wisatawan juga bisa ikut aktivitas tersebut dan entah bagaimana hal tersebut membantu mereka semakin dekat dengan penduduk setempat.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menjelajahi bagian timur pantai, di mana terumbu karang berada. Di lokasi itu, ada beberapa lukisan gua yang menarik yang dibuat oleh orang-orang pubakala. Untuk beberapa alasan, hal-hal itu memancarkan aura misterius dan memegang nilai sejarah penting. Bisa dikatakan ada kehidupan di dekat pantai saat itu, menjadi bukti bahwa orang-orang kuno tinggal di gua dekat Pantai Ohoidertawun.

Penginapan

Di dekat Pantai Ohoidertawun ada beberapa pliha penginapan seperti Asnolia Hotel, Savanna Cottages dan Ohoi View Island Resort.

Perjalanan atau Rute Menuju Pantai Ohoidertawun

Seperti disebutkan sebelumnya, pantai ini terletak di Desa Ohoidertawun. Bagi yang berasal dari Kota Langgur, tidak butuh banyak waktu. Jaraknya hanya 9,9 km, jadi dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke desa. Selanjutnya, dibutuhkan beberapa menit untuk sampai ke pantai. Bagi orang dari luar provinsi atau daerah, perjalanan akan melibatkan pesawat terbang dan tujuannya adalah Bandara Dumatubin (Langgur) di Kabupaten Maluku Tenggara.

or cancel