Cari Tempat Wisata


Pulau Tinabo di Taman Nasional Taka Bonerate: Tempat Snorkeling dan Diving Terbaik di Kepulauan Selayar

Pulau Tinabo di Taman Nasional Taka Bonerate: Tempat Snorkeling dan Diving Terbaik di Kepulauan Selayar
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Selatan
Alamat : Pulau Tinabo, Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan
Views : 1911

Pulau Tinabo adalah sebuah pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau ini terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar pulau ini terletak sekitar 300 kilometer jauhnya.

Pulau Tinabo adalah pulau kecil yang memiliki panjang satu setengah kilometer dengan lebar sekitar 500 meter. Posisi pulau Tinabo sangat strategis, sehingga memungkinkan kita melihat keanggunan matahari terbit dan terbenam dengan mata telanjang. Pulau Tinabo memiliki pantai berpasir putih yang indah, dengan air laut yang jelas dan kebiruan. Pemandangan bawah laut juga sangat menakjubkan dengan kekayaan bawah laut yang melimpah.

Mereka yang suka snorkeling dan menyelam, mengunjungi pulau ini akan menjadi pengalaman hebat untuk melakukan aktivitas tersebut. Tak heran bila pulau ini menjadi salah satu surga bagi penggemar diving.

Aktivitas yang paling menarik di pulau ini adalah para pengunjung bisa menyelam dengan anak-anak hiu, kura-kura dan bahkan kerang (kerang laut raksasa) yang ukurannya bisa mencapai hingga satu meter. Ada juga satu tempat menarik untuk menyelam, yang disebut Sumur Ikan. Tempat ini adalah lubang bawah air yang belum diklarifikasi kedalamannya. Kita bisa melihat warna ikan yang indah masuk dan keluar dari lubang ini.

Biaya masuk ke Pulau Tinabo sekitar Rp.2.500 per orang. Untuk biaya snorkeling sekitar Rp. 40.000 / spot / jam Untuk biaya lisensi selam sekitar Rp.50.000 / spot / orang (tidak termasuk pemandu). Di pulau ini terdapat Tinabo Island Resort dengan biaya sewa ruangan sekitar Rp. 200.000 per malam (tidak termasuk makanan).

Pulau Tinabo cukup jauh dan terpencil. Untuk sampai ke sini, Anda harus melakukan perjalanan berjam-jam lewat darat, laut atau udara. Tapi dijamin bahwa semuanya akan terbayar setelah Anda sampai ke pulau ini. Apalagi keindahan Pulau Tinabo akan membuat Anda betah dan ingin melakukan kunjungan lagi.

Menuju Lokasi

Kota terdekat untuk sampai ke pulau ini adalah melalui Makassar. Dari Makassar kita lanjutkan perjalanan ke Tanjung Bira dengan menggunakan kendaraan sewaan, dan memakan waktu sekitar 8 jam. Kemudian, dari Tanjung Bira perjalanan dilanjutkan dengan feri ke Pelabuhan Pamatata Selayar sekitar 2 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Pamatata perjalanan dilanjutkan ke darat dengan menggunakan mobil sewaan ke Kota Benteng dan kemudian menuju pelabuhan Patumbukan. Nah, dari Pelabuhan Patumbukan, kita bisa menyeberang ke Pulau Tinabo dengan menggunakan kapal lokal atau speed boat sewaan. Butuh waktu 4 sampai 5 jam perjalanan dengan menggunakan perahu lokal dan 2 jam perjalanan dengan menggunakan speedboat.

or cancel