Cari Tempat Wisata


Pulau Kofiau: Pulau dengan Keanekaragaman Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Pulau Kofiau: Pulau dengan Keanekaragaman Terumbu Karang Terbesar di Dunia
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Pulau Kofiau, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat
Views : 1240

Pulau Kofiau adalah pulau yang lebih kecil dan paling banyak dikunjungi di antara pulau-pulau di Raja Ampati, menyimpan keanekaragaman terumbu karang terbesar di dunia . Pulau ini terdiri dari batu kapur karang yang terangkat dan beberapa bukit vulkanik yang ditutupi hutan hujan yang rimbun, semua menawarkan kekayaan alam & pemandangan indah. Jika Anda ingin pergi ke Raja Ampat, Pulau Kofiau merupakan tujuan yang wajib Anda kunjungi.

Berenang dan berjemur di pantai, snorkeling, diving dan fotografi bawah laut yang kaya akan terumbu karang. Jaga jangan sampai merusak karang yang ada apabila Anda menjelajahi kekayaan bawah laut di sekitar Pulau Kofiau.

Aktifitas

Di Pulau Kofiau, pengunjung dapat melakukan aktifitas snorkeling atau diving, mengingat pemandangan bawah laut di Pulau Kofiau sangat indah. Di sini, terdapat beragam jenis ikan yang berwarna-warni yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pada saat menyelam, Anda dapat melihat dengan jelas berbagai terumbu karang yang memiliki bentuk dan warna yang unik. Untuk mengabadikan momen-momen Anda saat menyelam, jangan lupa untuk membawa kamera yang bisa digunakan di bawah laut.

Selain snorkeling dan diving, pengunjung bisa berenang di sekitar Pulau Kofiau. Berenang di sini sangat asyik karena airnya sangat jernih dan ditemani beragam ikan yang menghampiri. Bagi Anda yang suka berjemur, tempat ini cocok bagi Anda untuk menikmati hangatnya sinar matahari dan menikmati kelembutan pasir putih yang indah.

Tips

1. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang anda butuhkan, seperti pelampung dan juga sunblock bagi anda yang takut kulitnya terbakar, karena cuaca dikota ini memang sangat panas saat siang hari, apalagi saat musim kemarau.

2. Kalau anda ingin melakukan beberapa kegiatan seperti Diving ataupun Snorkeling, lebih baik anda jangan terlalu terburu-buru menyelam dan sebagainya, sebelumnya pastikan bahwa peralatannya sudah lengkap dan aman. Pastikan juga bahwa anda tidak lupa membawa obat-obatan, dan yang paling utama jangan biarkan perut anda kosong saat berenang karna bisa menyebabkan terjadinya keram perut, jadi ada baiknya anda sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke pulau ini.

3. Sebagian dari kawasan Pulau Kofiau ini masih berupa hutan kecil, untuk itu anda juga perlu membawa obat malaria mengingat penyebaran penyakit ini di Papua cukup pesat.

Akomodasi

Di Pulau Kofiau terdapat bungalow dan beberapa rumah makan yang dapat Anda coba saat berkunjung. Apabila anda adalah seorang petualang, Anda dapat berkemah di sekitar Pulau Kofiau ini. Apabila masih kurang, Anda dapat menginap di resort papua diving yang khusus disediakan bagi wisatawan. Resort papua diving memiliki fasilitas yang lengkap dan letaknya yang strategis yang memudahkan wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau lain dengan mudah.

Mencapai Lokasi

Dari Jakarta, dibutuhkan enam jam perjalanan naik pesawat menuju Sorong. Selain itu, Anda dapat juga terbang ke Sorong melalui Bali. Dari Sorong, Anda dapat mengikuti rombongan menggunakan kapal pinisi menuju Pulau Kofiau atau menyewa perahu atau kapal pesiar dari Resort Papua Diving.

or cancel