Cari Tempat Wisata


Pantai Kelingking Nusa Penida : Surga Tersembunyi di Bali

Pantai Kelingking Nusa Penida : Surga Tersembunyi di Bali
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Bali
Alamat : Pantai Kelingking, Nusa Penida, Bali
Views : 181

Setelah menjelajahi Pulau Bali yang terkenal, traveller harus mempertimbangkan untuk mengunjungi Pulau Nusa Penida, yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau kecil ini menjadi rumah banyak pantai yang menakjubkan! Salah satunya disebut Pantai Kelingking dan lokasinya berada di Desa Bunga Mekar. Beberapa orang menyebutnya Pantai T-Rex, juga. Itu karena pantai berada di samping tebing yang terkenal, memiliki bentuk yang mirip dengan tyrannosaurus rex! Dari segi nama, “Kelingking” berarti berbentuk jari kelingking. Tempat ini cocok untuk fotografi, berjalan di pantai, serta menyelam.

Pantai ini terletak di sebelah tebing Kelingking yang terkenal. Tidak heran, itu terlihat terpencil dan cukup damai. Lagi pula, pengunjung perlu melakukan beberapa upaya untuk mencapai garis pantai. Jangan khawatir. Akses tersedia dan pengunjung bahkan dapat naik ke atas tebing dan melakukan tamasya atau fotografi di sana. Sedangkan untuk garis pantai, ini memiliki lanskap pendek tetapi memiliki permukaan berpasir putih yang eksotis. Ketika datang ke laut, itu terlihat dangkal dan datang dengan ombak kecil. Di daerah itu, wisatawan bahkan dapat menemukan Manta Point yang terkenal, yang cocok untuk snorkeling dan menyelam.

Aktivitas

Pantai Kelingking terletak di area yang strategis. Pengunjung hanya perlu mencapai Desa Bunga Mekar terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda harus turun tebing untuk mencapai situs. Garis pantainya pendek dan memiliki bukit tinggi, tempat para wisatawan harus menjelajah nanti. Bagi Anda yang suka jalan-jalan, Anda harus tetap di atas bukit dan menonton pemandangan terdekat terlebih dahulu sebelum turun! Jangan lupa untuk mengambil foto nanti. Sebagai informasi, penduduk setempat juga menyebutnya Pantai Karang Dawa!

Begitu tiba di lokasi, wisatawan dapat merasakan suasana yang asli segera. Tidak ada sampah yang terlihat di bibir pantai dan pengunjung bahkan diperbolehkan membangun tenda. Anda harus membawa tenda dan peralatan lainnya. Apa selanjutnya? Di Pantai Kelingking, wisatawan dapat menemukan tempat menyelam rahasia yang disebut Manta Point. Dengan demikian, Anda dapat menikmati snorkeling atau diving untuk menjelajahi pemandangan bawah laut sepuasnya! Anda bahkan memiliki peluang besar untuk melihat pari manta raksasa yang eksotis di daerah itu!

Alasan selanjutnya mengapa Pantai Kelingking populer terkait dengan lokasi. Faktanya adalah pantai itu berada di dekat tempat liburan terkenal lainnya yang disebut Pantai Paluang, di mana tempat keramat yang terkenal itu berada. Penduduk setempat menyebutnya Pura Mobil, sebenarnya. Dengan demikian, semua wisatawan tidak boleh lupa mampir di lokasi itu setelah menjelajahi Kelingking nantinya.

Mencapai Lokasi

Tujuan pertama wisatawan adalah Pulau Bali dan Anda harus naik pesawat untuk perjalanan tercepat. Dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta di Kota Jakarta, misalnya, penerbangan ke Bandara Internasional Ngurah Rai akan memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit. Begitu tiba di Kota Denpasar, Anda  harus mengambil By Pass Ngurah Rai dan menuju ke Pelabuhan Sanur. Jaraknya 17,3 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 31 menit. Dari pelabuhan, tujuannya tidak lain adalah Pulau Nusa Penida. Penyebrangan membutuhkan waktu sekitar 35 menit dengan kapal cepat. Kemudian, setelah tiba di Pelabuhan Toyapakeh, wisatawan dapat mengambil Raya Klumpu – Jalan Toya Pakeh dan langsung menuju ke Pantai Kelingking. Jaraknya 14,4 km, sehingga perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 44 menit.

or cancel