Cari Tempat Wisata


Pantai di Iboih (Sabang): Surga yang Tersembunyi di Pulau Weh

Pantai di Iboih (Sabang): Surga yang Tersembunyi di Pulau Weh
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Aceh
Alamat : Pantai Iboih (Sabang), Pulau Weh, Provinsi Ace
Views : 21447

Semua diam dengan perahu kayu yang tampak mengambang di udara, tetapi sebenarnya secara perlahan bergerak sepanjang perairan dangkal Pantai Iboih: air begitu tenang dan jelas bahwa rasanya seolah-olah mengambang di udara. Pantai yang indah dan alami di Iboih pasti akan mengubah persepsi Anda tentang perahu yang datang untuk berlabuh di dermaga.

Pantai Iboih, juga dikenal sebagai Teupin Layeu, terletak di seberang tepi barat Pulau Weh yang legendaris, atau pulau Weh, di bagian utara Aceh, provinsi paling utara Sumatera. Bila dibandingkan dengan tapal kuda berbentuk U, Iboih terletak di kiri lengkungan. Lokasi geografis menghadap Samudera Hindia yang terbuka bagi siapa saja untuk datang atau pergi kapan saja, tapi kenangan dan pengalaman yang diterima di sini tidak akan terlupakan begitu saja.

Kota Iboih, terletak di Pulau Weh adalah titik paling barat dari Indonesia. Pantai Iboih (Iboih Beach) akan membawa harapan Anda atas 'keindahan alam' ke tingkat yang baru. Pulau kecil, surga yang tersembunyi sebagian besar tetap tak tersentuh oleh banyak kunjungan wisatawan, memberikan suasana yang lebih santai dan santai. Hutannya dengan baik dilindungi oleh garis pantai Iboih yang menawan, pasir keemasan yang penuh dengan batu-batu raksasa. Air dangkal laut yang begitu jelas dapat melihat dasar laut, memiliki rona kebiruan-hijau yang memancarkan perasaan damai dan relaksasi. Pantai yang tampaknya melengkung, menyerupai bibir, tersenyum dan menyambut orang-orang untuk datang dan mengambil bagian dalam kehangatan dan melihat flora dan fauna yang eksotis dari hutan hujan tropis yang merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia.

Baca juga : Pantai Sumur Tiga di Pulau Weh, Sabang

Dekat kota Iboih merupakan cagar hutan lindung yang luas. Tidaklah berlebihan bila hutan lindung ini digambarkan sebagai surga, seperti dicatat oleh banyak wisatawan yang mengunjungi. Anda dapat menjelajahi hutan yang memiliki pantai yang indah di dekatnya yang tersedia ketika Anda ingin mendinginkan hati dan berenang di antara ikan kecil dan karang yang berwarna-warni. Pohon-pohon hutan tropis juga memberikan keteduhan ke banyak bagian pantai berpasir.

Banda Aceh adalah pintu gerbang ke Iboih, tergeletak 40 km ke selatan di ujung Provinsi Aceh. Waktu penerbangan dari Jakarta ke Banda Aceh adalah sekitar 2 jam, 40 menit. Ada penerbangan setiap hari ke Banda Aceh dari Jakarta dan Medan dengan Garuda Indonesia dan Lion Air.

Baca juga : Pulau Rubiah di Sabang : Salah Satu Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Mencapai Lokasi

Dari Banda Aceh, pergilah ke pelabuhan Ulue-Lue di mana Anda memiliki pilihan, apakah naik feri atau speedboat ke Sabang, di Pulau Weh. Speedboat seharga Rp. 50.000 dan memakan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Pelabuhan Sabang dengan keberangkatan dua kali sehari. Perjalanan feri akan memakan waktu sekitar 2 jam dan biaya Rp. 20.000. Saat Anda masuk ke Pulau Weh, Anda dapat naik bemo (minibus) ke Iboih sekitar 40 menit melewati pedesaan indah yang dan berbukit melewati.

Aktifitas

Kegiatan yang paling populer di Pantai Iboih adalah menyelam, snorkeling dan eksplorasi hutan. Pulau Weh dan sekitarnya pantai, termasuk Pantai Iboih, yang terkenal dengan ekosistem bawah air yang beragam. Iboih memiliki banyak titik untuk menyelam dan snorkeling dengan ombak yang tenang. Sedikit ke barat dari Pantai Iboih, wisatawan juga dapat menemukan lokasi surfing di mana terdapat gelombang yang jauh lebih besar.

Menjelajahi pantai Iboih dengan kontur berbukit bagian dalamnya akan memberikan petualangan instan. Sepanjang pantai banyak batu-batu besar dan formasi batuan yang membuat pemandangan yang menarik dan menjadikannya momen yang terbaik untuk berfoto.

Snorkeling adalah kegiatan favorit dan banyak orang yang tidak sabar untuk menempatkan barang-barang mereka sebelum menyelam ke dalam air laut biru untuk menjelajahi karang di sepanjang dasar laut. Banyak wisatawan menjelaskan bahwa perairan Iboih merupakan akuarium, karena kejelasan dan terdapat berbagai karang dan makhluk laut.

Berjalan-jalan ke pantai merasakan petualangan yang damai tapi mengesankan. Anda mungkin akan terkejut ketika Anda menyadari bahwa sebagian besar laut di Iboih relatif tidak mendapat banyak gelombang. Suasana yang umumnya sunyi, pantai memberikan kesan yang sama sekali berbeda dari pantai-pantai lainnya yang menawarkan ombak yang keras.

Atraksi lain yang populer di Iboih adalah menyelam. Baik penyelam berpengalaman dan tidak begitu berpengalaman datang dari seluruh dunia untuk menyaksikan pembentukan gunung berapi aktif yang terletak di bawah permukaan perairan ini. Gunung berapi ini meletus di era Pleistosen dan dikatakan apa yang akhirnya memisahkan Pulau Weh dari pulau utama Sumatera. Menyelam di sekitar Pulau Weh, yang memiliki ribuan titik menyelam, - satu berada di Pantai Iboih, - dikatakan menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia.

Kunjungi tempat menyelam seperti Seulako Barat, Taman Laut Rubiah, Rubiah utara dengan perairan yang tenang, atau Batee Tokong. Pantee Aneuk Seuke atau 'The Canyon' menawarkan gua, lengkungan, dinding dan ngarai sering dengan pengunjung yang lebih besar seperti manta, barakuda, belut Moray, dan ikan wrasse napoleon. Temukan spesies lain saat snorkeling atau menyelam seperti ikan katak, ikan jarum, anthias, ikan terompet, ikan kalajengking, hiu ujung hitam, penyu sisik, barracuda, nudibranch dan anemon laut lainnya semua dalam perairan ini .

Selain dari petualangan laut yang jelas, Pantai Iboih juga menawarkan hutan yang menarik wisatawan. Ada banyak spesies eksotis yang mendiami hutan. Hutan Rekreasi Iboih terletak berdekatan dengan Taman Laut Rubiah. Hutan ini mencakup sekitar 1.300 hektar dan juga dilindungi sebagai cagar alam khusus untuk Pulau Weh. Hutan hutan tropis yang tebal dan meskipun padat dan agak sulit untuk berjalan-jalan, pengunjung didorong untuk mengeksplorasi dengan pemandu. Hutan ini adalah rumah bagi berbagai jenis hewan. Melihat monyet liar, segala macam reptil yang kecil dan besar, dan berbagai burung berwarna-warni. Saat senja, babi hutan dan kawanan kelelawar buah raksasa adalah pemandangan yang pasti.

Iboih dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Hotel, bungalow, kafe, restoran, sewa perahu, menyelam dan berselancar penyewaan peralatan semua banyak tersedia di sini. Sewa kapal dapat ditemukan di Iboih yang menawarkan tur Pulau.

Penginapan

Penginapan di Desa Iboih adalah gaya bungalow - baik di pantai, di pusat desa atau tepat di belakang dekat hutan.

Bungalow di Iboih telah sangat meningkatkan standar mereka selama beberapa tahun terakhir. Bungalow murah masih ada, tetapi saat ini bungalow  terdapat kamar mandi pribadi, bahkan dengan AC dan air panas. Mayoritas Bungalow di Iboih berada dalam barisan di sepanjang pantai.

or cancel