Cari Tempat Wisata


Gunung Lokon di Tomohon : Salah Satu Gunung Berapi Aktif di Sulawesi

Gunung Lokon di Tomohon : Salah Satu Gunung Berapi Aktif di Sulawesi
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara
Views : 2954

Lokon adalah gunung berapi kembar bersama dengan Gunung Empung dan terletak dekat dengan kota kota Tomohon yang sangat asri, yang dikelilingi oleh lahan pertanian. Gunung Lokon terletak di Sulawesi utara, kira-kira 25 km di selatan Manado. Keduanya berdiri di atas dataran Tondano dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sulawesi. Gunung Lokon memiliki puncak datar dan tanpa kawah. Kawahnya yang aktif terletak di kakinya, diberi nama kawah "Tompaluan".

Pada semua letusan baru-baru ini berasal dari kawah Tompaluan yang terletak di pelana antara dua puncak. Ketika kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka mendaki ke Lokon, itu berarti mereka mengunjungi kawah dan sebagian besar pemandu akan mengira Anda hanya ingin pergi ke kawah, bukan pada bagian atasnya.

Rute untuk mencapai Gunung Lokon sebagian besar melewati hamparan sungai kering yang sebenarnya merupakan aliran lahar tua dari Gunung. Perjalanan ini bisa sangat licin karena permukaannya begitu halus. Dibutuhkan 2 sampai 3 jam untuk sampai di Danau Kawah dari Tomohon. Kebanyakan orang berhenti di kawah jarang pergi ke puncak karena alasan yang sangat bagus.

Kemiringan lereng berbentuk kubah di Gunung Lokon dengan cepat didominasi oleh rumput setinggi 8 kaki yang tajam. Sangat disarankan bagi Anda untuk memakai beberapa sarung tangan dan celana panjang. Jika memungkinkan, Anda juga harus membawa parang untuk menyingkirkan rumput yang paling buruk yang akan menyusut di jalan yang sempit. Puncak di bagian atas relatif sulit dicapai karena rerumputan, tapi jejak dapat diidentifikasi hingga angin bisa mencapai titik tertinggi.

Bagi yang bersedia mendaki Gunung Lokon tapi tidak begitu yakin dengan informasi yang tepat bisa langsung menuju ke Pusat Vulkanologi di Tomohon. Di sini, Anda bisa mengetahui informasi tentang aktivitas gunung berapi di daerah tersebut dan mendapatkan panduan. Ada beberapa pemandu yang memiliki pengetahuan cukup baik tentang sejarah dan geologi daerah tersebut.

Namun, semua wisma dan hotel juga akan bisa memberikan panduan juga. Anda bisa memulai dengan mengembara di sepanjang jalur pedesaan yang menyenangkan dengan pemandangan Lokon yang bagus, sebelum Anda harus melewati sebuah tambang batu kecil dan mulai mendaki ke kawah.

Untuk info tambahan, ada kawah lain yang mendekati puncak Lokon, hindari daerah ini dan lewati area sekitarnya hingga ke sebelah kiri untuk mencapai daerah puncak. Tidak ada pemandangan dari puncak kecuali Anda hanya memotong rumput.

Penginapan

Tambulinas
Tinoor II
Phone : 0431 - 315300

Makatembo
Tinoor II
Phone : 0431 - 3309220

Indraloka
Kinilow
Phone : 0431 - 351505

Lokon Resting Resort
Kakaskasen
Phone : 0431 - 351203, 352533

Volcano Resort
Kakaskasen
Phone : 0431 - 352988

Tomohon Guest House
Tolete
Phone : 0431 - 353005

Onong Palace
Kinilow
Phone : 0431 - 3157090, 3159446

Mencapai Lokasi

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, Anda dapat mengambil Bus di Terminal Karombasan, Manado. Dari terminal ini dubutuhkan waktu perjalanan selama 1 jam menuju Kota Tomohon.

or cancel