Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Meru Betiri : Konservasi Alam yang Luar Biasa di Jawa Timur

Taman Nasional Meru Betiri : Konservasi Alam yang Luar Biasa di Jawa Timur
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur
Views : 3056

Jalan-jalan ke Jawa Timur akan membawa Anda ke banyak pesona alami yang belum terjamah. Salah satunya adalah Taman Nasional Meru Betiri yang terletak di Pesanggaran, di wilayah Banyuwangi dan Jember, Provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Meru Betiri adalah konservasi alam dengan keajaiban alam yang menakjubkan dengan luas wilayah 580 km persegi.

Secara geografis terletak pada 8 ° 21'-8 ° 34 'Lintang Selatan, 113 ° 37'-113 ° 58' Bujur Timur, daerah subur ini telah terlindungi sejak masa pemerintahan Belanda pada tahun 1931, sebagai kawasan konservasi karena Kekayaan melimpah. Kawasan ini dikenal sebagai habitat alami harimau Jawa berbelang-belang. Saat ini, Taman Nasional masih melestarikan spesies satwa langka dan terancam punah, seperti bunga zollingeriana Rafflesia yang menakjubkan dan tupai terbang Jawa.

Kawasan Taman Nasional Meru Betiri juga memiliki area seluas 8,54 km persegi, dengan pantai yang masih asli dan alam yang mempesona, bersembunyi di luar hutan hujan hijau yang subur di taman luas. Pantai Sukamade adalah tempat bersarang dengan tenang untuk spesies penyu yang terancam punah seperti penyu belimbing, penyu sisik, penyembur zaitun dan penyu hijau.

Menyaksikan kejadian alam yang menakjubkan dari kura-kura laut yang bertelur di sini pada malam hari. Atau, ikut mengawal anak kura-kura kembali ke laut bebas setelah meluangkan waktu pembiakan.

Di Pantai Rajegwesi Anda bisa berenang atau mengamati tradisi nelayan. Ada juga Teluk Hijau, sebuah wisata laut yang jernih dimana Anda bisa menikmati air pirus yang menakjubkan.

Taman Nasional Meru Betiri dibuka untuk umum sejak tahun 1982, terdiri dari beberapa dataran tinggi dengan ketinggian hampir 1.200 m. Beberapa gunung di daerah tersebut adalah Gunung Meru (343 m) dan Gunung Betiri (1.233 m) di bagian barat, yang digabungkan sebagai nama yang dipilih untuk Taman Nasional ini.

Di bagian selatan, ada Gunung Sumbudadung (520 m), Gunung Sukamande (363 m), Gunung Rajegwesi (181 m) dan Gunung Benteng (222 m). Bahkan ada lebih banyak gunung di dalam kawasan konservasi yang luas, seperti Gunung Gamping (538 m), Gunung Butak (609 m), Gunung Sukamade Atas (801 m), Gunung Gendong (840 m) dan Gunung Mandilis (844 m).

Transportasi Sekitar

Sebagian besar pengunjung berada di sini untuk melakukan trekking hutan atau berjalan-jalan di pantai dan karena itu lebih memilih untuk menjelajahi kawasan dengan berjalan kaki. Beberapa tur mungkin menggunakan kendaraan roda 4 untuk menjelajahi sungai dan hutan di Taman Nasional.

Penginapan

Di sekitar Taman Nasional Meru Betiri terdapat fasilitas guest house. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga, layanan dan ketersediaan sebelum kedatangan, Anda dapat menghubungi mereka melalui e-mail atau telepon. Anda juga dapat mengumpulkan informasi untuk prosedur dan persiapan yang diperlukan saat Anda merencanakan untuk mendirikan sebuah kamp di Meru Betiri.

Alamat : Jl Sriwijaya 53, Jember 68121, Jawa Timur
Telepon: +62 331 321530
E-mail: meru@telkom.net

Ada akomodasi lain yang disebut The Raflesia Homestay. Di sini, Anda bisa bergabung dengan penduduk setempat dan menikmati kegiatan sehari-hari di sekitar Pantai Sukamade.
Alamat : Jl Sukamade No 20, Teluk Hijau, Meru Betiri, 68488 Sarungan

Jika Anda memerlukan hotel yang lebih mapan dengan fasilitas yang lebih baik, Anda mungkin perlu untuk tinggal lebih jauh di sekitar pusat kota daerah Jember atau Banyuwangi.

or cancel