Cari Tempat Wisata


Taman Nasional Bukit Tigapuluh : Perlindungan Bagi Harimau Sumatera di Jambi

Taman Nasional Bukit Tigapuluh : Perlindungan Bagi Harimau Sumatera di Jambi
Kategori : Wisata Alam / Cagar Alam
Lokasi Indonesia / Jambi
Alamat : Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Jambi
Views : 2749

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan kawasan perbukitan di tengah-tengah hamparan dataran rendah di bagian timur Sumatera, dan memiliki potensi keanekaragaman tinggi atas tanaman dan hewan endemik.

Tipe ekosistem hutan konstituen di Taman Nasional Bukit Tigapuluh adalah hutan dataran rendah, hutan pamah dan hutan dataran tinggi dengan jenis flora seperti jelutung (Dyera costulata), getah merah (Palaquium spp.), Pulai (Alstonia scholaris), kempas (Koompassia excelsa), rumbai (Shorea spp.), cendawan muka Rimau / rafflesia (Rafflesia hasseltii), jernang (Daemonorops draco), dan berbagai jenis rotan.

Selain itu, Taman Nasional Bukit Tigapuluh memiliki 59 jenis mamalia, 6 jenis primata, 151 jenis burung, 18 jenis kelelawar, dan berbagai jenis kupu-kupu. World Wildlife Fun atau WWF mengatur perangkap kamera dalam Taman Nasional ini  sejak Maret dan April 2011, dan telah mengambil 12 gambar harimau Sumatera langka, termasuk seekor induk yang bermain dengan anaknya.

Pada bulan November 2011, WWF telah mengumumkan 5 kucing langka di hutan-hutan Riau. Dalam waktu 3 bulan dilakukan survei sistematis dengan menggunakan kamera pengintai otomatis di 'koridor' antara Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Rimbang Baling Sanctuary, mereka menemukan harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), macan tutul Sunda (Neofelis diardi), kucing marmer (Pardofelis marmoata) , kucing emas (Catopurna temmincki), dan kucing macan tutul (Prionailurus bengalensis).

Kucing melewati trek yang sama sepanjang waktu di koridor, tapi kedua daerah dihubungkan oleh koridor yang saat ini terancam oleh deforestasi.  Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), ungko (Hylobates agilis), beruang madu (Helarctos malayanus malayanus), burung biru (Lophura ignita), Kuau (Argusianus argus argus) dan lain-lain menetap di taman ini.

Awalnya, daerah di taman nasional ini merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas. Namun, kondisi taman hutan relatif masih alami.

Selain dapat menyaksikan flora dan fauna yang langka, di Taman Nasional Bukit Tigapuluh terdapat sebuah air terjun setinggi 30 meter yang masih terjaga keasriannya sampai saat ini. Air terjun di Taman Nasional Bukit Tigapuluh ini bisa menjadi pelengkap bagi Anda yang ingin berpetualang sambil menyaksikan keindahan alamnya

Masyarakat di sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh terdiri dari beberapa bagian dengan adat dan budaya yang relatif masih sangat asli, seperti Suku Anak Dalam, Suku Talang Mamak dan lain-lain. Menurut masyarakat, khususnya Suku Talang Mamak, mereka percaya bahwa bukit dan tumbuhan di taman nasional ini memiliki kekuatan magis dalam hidup mereka. Secara tidak langsung mereka berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melindungi bukit atau tanaman di tempat ini.

Fasilitas dan Akomodasi

Di taman nasional ini, tersedia fasilitas dan sarana akomodasi seperti pusat informasi, wisma tamu, WC umum, shelter, sarana peribadatan (mushola), warung makan, pondok-pondok untuk bersantai dan lain-lain. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat tenaga pemandu yang akan membantu pengunjung mengeksplorasi lebih jauh keistimewaan taman nasional ini.

Mencapai Lokasi

Jaraknya sekitar 285km dari Pekanbaru (Kota Ibukota Provinsi Riau), Banyak bus umum tersedia dari Pekanbaru ke Siberida (5 - 6 Jam perjalanan). Karena bus umum  banyak berhenti untuk mendapatkan penumpang, maka Anda akan perlu untuk menyewa sepeda motor untuk masuk ke kawasan. Tidak direkomendasikan untuk pergi ke sana tanpa pemandu lokal. Kita perlu Izin khusus untuk memasuki area Taman Nasional Bukit Tigapuluh.

 

or cancel