Cari Tempat Wisata


Pemandian Kolam Air Soda di Tapanuli Utara : Satu-satunya di Indonesia

Pemandian Kolam Air Soda di Tapanuli Utara : Satu-satunya di Indonesia
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Kolam Air Soda, Tarutung, Sumatera Utara
Views : 2196

Berenang di kolam renang, sungai, danau dan laut mungkin sudah biasa didengar. Apabila Anda ingin mencoba sensasi yang unik dan langka, berenang di kolam air soda patut dicoba. Disebut kolam air soda karena airnya mirip dengan air minuman bekarbonasi. Di kolam ini terdapat banyak gelembung-gelembung yang bentuknya menyerupai soda. Pada saat airnya dikecap, akan terasa berbeda dengan air biasa, terasa agak asin.

Kolam pemandian air soda ini terletak di Desa Parbubu, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Utara. Diyakini bahwa kolam air soda hanya ada dua di dunia, salah satunya terdapat di Negara Venezuela. Bangsa Indonesia patut berbangga khususnya kabupaten Tapanuli Utara atas kekayaan alam yang dimiliki dan bisa mencatatkan namanya di dunia.

Suasana di sekitar Kolam Air Soda sangat asri, dikelilingi dengan persawahan hijau dan pegunungan yang indah. Hembusan angin persawahan memberi kesejukan di sekitar kolam dan dapat meningkatkan selera makan.

Mandi di Kolam Air Soda Tapanuli Utara ini akan terasa berbeda bila dibandingkan di pemandian lainnya. Pada saat mandi, airnya tidak lengket di badan, kemudian airnya  terasa lebih ringan di badan dan membuat kulit akan lebih halus. Setelah mandi di kolam air soda, di badan akan terlihat berbusa. Oleh masyarakat setempat, air soda yang ada di kolam ini memiliki khasiat bagi kesehatan. Banyak pengunjung yang datang ke kolam air soda dengan maksud untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, rematik dan sakit mata.

Penemuan Air soda di Tapanuli Utara (Tarutung) berawal dari ketidaksengajaan oleh seorang penduduk yang bernama Minar Sihite. Pada tahun 1973, Minar yang bekerja sebagai bidan dan tengah pulang ke kampung halamannya di Tarutung. Di tengah perjalanan dia menemukan air bergelembung seperti soda keluar dari tanah. Sejak saat itu, dia mengembangkan dan membangun sedikit demi sedikit kolam pemandian hingga seperti keadaan sekarang.

Untuk masuk ke kolam pemandian, pengunjung tidak dikutip biaya alias gratis. Pengunjung cukup hanya dengan membeli makanan atau minuman yang disediakan oleh pengelola.

Penginapan

Pemandian Kolam Air Soda terletak di Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Di Kota Tarutung terdapat beberapa penginapan yang cukup bagus diantaranya:

1. Kenary Hotel

Alamat : Jl. D.I Panjaiatan, Tarutung. Tarif per malam antara Rp 70.000 – Rp 200.000

2. Bali Hotel

Alamat : Jl. Balige, Tarutung. Tarif per malam antara Rp 120.000 – Rp 200.000

3. Glory Hotel

Alamat : Jl. FL. Tobing, Tarutung. Tarif per malama antara Rp 70.000 – Rp 200.000

4. Asido Star Hotel

Alamat : Tarutung. Tarif per malam antara Rp 50.000 – Rp 100.000

 

Mencapai Lokasi

Dari Kota Medan tersedia banyak minibus tujuan Kota Tarutung dengan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan.

or cancel