Cari Tempat Wisata


Air Terjun Tiu Kelep di Bayan, Lombok Utara : Air Terjun Paling Populer di Pulau Lombok

Air Terjun Tiu Kelep di Bayan, Lombok Utara : Air Terjun Paling Populer di Pulau Lombok
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Air Terjun Tiu Kelep, Bayan, Lombok Utara, Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB
Views : 397

Terletak di dekat Bali, Pulau Lombok menjadi alternatif yang baik untuk berlibur bersama keluarga, sendiri atau teman. Terdiri dari berbagai jenis objek wisata alam, juga menjadi tujuan yang baik untuk berpetualang dan relaksasi. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk dijelajahi di Lombok Indonesia disebut Air Terjun Tiu Kelep, yang terletak di Kecamatan Bayan. Tempat ini menawarkan lingkungan yang bersih dan air jernih dengan arus yang kuat. Pengunjung tidak hanya tertarik atas kecantikan air terjunnya, mereka juga tertarik dengan mitos tentang air terjun!

Salah satu karakteristik terbaik Air Terjun Tiu Kelep adalah aliran air yang kuat, menciptakan suara menghirup air yang berdeguk. Selain itu, nuansa terasa begitu damai dan dingin karena air terjun berada di tengah hutan. Banyak tanaman, pepohonan, dan semak mengelilinginya juga termasuk beberapa bebatuan dan kolam kecil. Fakta penting lainnya adalah air terasa sangat meremajakan dan nampak jernih. Selain itu, kolam alami memikat semua orang untuk masuk dan mandi juga. Dari segi ukuran, air terjun memiliki tinggi sekitar 42 meter. Belum lagi tempat ini pernah menjadi tempat shooting film!

Menjelajahi Air Terjun Tiu Kelep

Sebelum menjelajahi air terjun, pengunjung harus mempelajari beberapa informasi penting mengenai air terjun ini. Misalnya, terkait dengan namanya. Tiu Kelep berarti "Kolam Terbang". Penduduk setempat menamakannya seperti itu karena busa yang diciptakan oleh aliran air yang kuat. Wisatawan bisa mendapatkan informasi semacam itu dari penduduk setempat atau pemandu wisata. Selanjutnya, penting juga untuk mendengar mitos tentang air terjun tersebut. Dikatakan bahwa air memiliki kemampuan penyembuhan dan membantu setiap orang untuk mempertahankan tubuh tetap muda.

Daya tarik berikutnya di Air Terjun Tiu Kelep pastinya merupakan lingkungan yang indah. Air jernih tanpa cacat tidak pernah gagal untuk menghibur pengunjung dan pohon yang rimbun menciptakan nuansa yang teduh pada tempat ini. Inilah sebabnya mengapa wisatawan cenderung meluangkan waktu untuk menikmati suasana yang menakjubkan seperti relaksasi. Mereka tidak harus masuk ke dalam air. Cukup duduk dan menyaksikan air terjun cukup menghibur juga. Namun, hampir semua orang mengambil kesempatan dan terpikat untuk mandi di dalamnya. Bagaimana dengan Anda?

Apa selanjutnya? Air Terjun Tiu Kelep memiliki aksesibilitas yang mudah. Tak heran, ini lebih populer dibanding air terjun lainnya di Lombok dan mendapat lebih banyak pengunjung dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, ada beberapa warung dimana wisatawan dapat membeli makanan dan minuman sambil menghabiskan waktu di sekitar air terjun.

Perjalanan atau Rute Menuju Air Terjun Tiu Kelep

Inilah faktanya Air Terjun Tiu Kelep terletak di dekat Desa Senaru. Dengan demikian, dibutuhkan sekitar 2 jam dari Kota Mataram dan jaraknya 84 km. Pertimbangan lain terkait dengan rute. Wisatawan harus mengambil Jalan Raya Mataram - Raya Bayan untuk perjalanan yang lebih nyaman dan lebih cepat.

or cancel