Cari Tempat Wisata


Air Terjun Sikulikap Penatapan : Pemandangan Alam yang Menakjubkan dekat Kota Medan

Air Terjun Sikulikap Penatapan : Pemandangan Alam yang Menakjubkan dekat Kota Medan
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Air Terjun Sikulikap, Penatapan, Deli Serdang, Sumatera Utara
Views : 87

Berikut satu lagi air terjun menakjubkan yang bisa dijelajahi wisatawan di Kabupaten Deli Serdang. Namanya Air Terjun Sikulikap dan terletak di Kecamatan Sibolangit. Lokasi tepatnya di Desa Doulu sebenarnya. Selain itu, lokasinya berada di bawah Penatapan, sehingga wisatawan dapat menemukan lokasinya dengan mudah. Sebagai informasi, air terjun ini juga terletak di dekat Kabupaten Karo (yang berada di perbatasan dua wilayah). Tak heran, orang-orang dari kedua daerah tersebut kerap datang ke lokasi tersebut saat akhir pekan. Mereka ingin menghabiskan liburan yang damai di alam dan melakukan trekking singkat. Plus, beberapa dari mereka memuaskan hobi fotografi mereka.

Begitu sampai di area parkir, wisatawan perlu melakukan trekking singkat untuk mencapai Air Terjun Sikulikap. Itu berada di tengah-tengah hutan. Jangan khawatir. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi dengan berjalan kaki. Dari segi ukuran, air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan dialiri air dari Tahura di Bukit Barisan. Sedangkan untuk nuansanya pasti terasa nyaman karena adanya pepohonan tropis dan berbagai jenis tanaman. Satu hal, lanskap licin sehingga wisatawan harus berjalan hati-hati saat trekking.

Aktivitas

Sebagai informasi, pintu masuk Air Terjun Sikulikap terletak di dekat gerbang perbatasan antara Kabupaten Deli Serdang dan Karo. Bagi yang datang dengan membawa kendaraan pribadi, dalam hal ini perlu memarkirnya di warung makan terdekat. Anda sempat menyantap jajanan lokal yang enak seperti Jagung di daerah itu sebelum menuju air terjun. Jangan khawatir. Harganya pun cukup terjangkau, sehingga setiap orang tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat berkunjung ke air terjun tersebut.

Kabar baiknya, wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk. Yang mereka butuhkan hanyalah stamina yang bagus untuk bisa melewati hutan dan menuju lokasi. Trekking singkat ini tidak melelahkan sama sekali, karena wisatawan dapat menggunakan bangku batu yang tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun. Ini akan menjadi pengalaman trekking yang menarik bagi mereka yang mencintai alam.

Sebagai tambahan, Air Terjun Penatapan juga dikenal dengan tebing bebatuannya. Tak heran, pengunjung pun datang ke lokasi untuk panjat tebing. Selain itu, trekking dan fotografi menjadi aktivitas menyenangkan lainnya yang kerap dilakukan wisatawan di lokasi tersebut. Hal populer lainnya adalah mengadakan pesta BBQ di alam bersama keluarga. Wisatawan harus menyiapkan peralatan dan bahannya terlebih dahulu.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Perjalanan ke Deli Serdang memakan waktu kurang lebih 59 menit dari Kota Medan. Karena jaraknya 25,3 km, namun perjalanan menjadi lebih cepat bila wisatawan melalui Jalan Pertahanan Patumbak. Sesampainya di Deli Serdang, tujuan selanjutnya adalah Desa Doulu di Kecamatan Sibolangit. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam 38 menit, karena jaraknya 54,3 km. Bisa lebih cepat jika wisatawan mengambil Jalan Jamin Ginting.

or cancel