Cari Tempat Wisata


Air Terjun Jeruk Manis di Desa Kembang Kuning, Pulau Lombok : Keindahan Lain di Lombok

Air Terjun Jeruk Manis di Desa Kembang Kuning, Pulau Lombok : Keindahan Lain di Lombok
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Air Terjun Jeruk Manis, Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, NTB
Views : 992

Bagi Anda yang menyukai petualangan alam di Indonesia, air terjun yang indah seperti Jeruk Manis memang menjadi pilihan menarik untuk dijelajahi. Lokasinya ada di Desa Kembang Kuning, Pulau Lombok. Tidak hanya menawarkan air bersih yang jernih, air terjun ini memiliki suasana damai dan pemandangan yang rimbun. Inilah sebabnya mengapa wisatawan harus memasukkannya ke dalam agenda mereka saat berkunjung ke Lombok suatu saat nanti. Selain menikmati keindahan alam, mereka bisa mandi dan melakukan fotografi di sekitar air terjun. Dari segi nama, belum yang tahu persis bagaimana air terjun ini  mendapatkan namanya.

Satu kata mewakili Air Terjun Jeruk Manis, "terpencil". Seperti yang diharapkan orang, letaknya di antara tebing yang sempit dan tempat ini bahkan tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Itu berarti nuansa yang sedikit teduh dan lembab, tapi tetap cantik dan menarik. Dari segi ketinggian, Air Terjun Jeruk Manis berada di ketinggian sekitar 25-30 meter dan air mengalir dengan indah menuju sungai kecil yang dikelilingi oleh batu-batu kecil. Ada kolam kecil juga, dimana pengunjung bisa mandi sambil merasakan kesegaran airnya. Fakta penting lainnya adalah jumlah pengunjung yang sedikit sehingga air terjun tidak cukup ramai dengan orang bahkan saat liburan. Nuansa damai semacam itu merupakan hal yang baik bagi wisatawan terutama yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk suasana kota.

Menjelajahi Air Terjun Jeruk Manis

Sebelum menjelajahi air terjun, lebih baik belajar sedikit cerita di baliknya. Air Terjun Jeruk Manis ditemukan oleh Pak Muis pada tahun 1983. Sejak saat itu, telah menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin bersantai dan menikmati suasananya yang damai. Setelah mendengar cerita seperti itu, sekarang saatnya untuk menjelajahi air terjun. Petualangan dimulai dari pintu masuk yang terletak di Desa Kembang Kuning. Dari situ, wisatawan perlu berjalan beberapa menit untuk sampai ke lokasi.

Selama trekking singkat tersebut, pengunjung mungkin melihat berbagai jenis flora liar termasuk Lemuru, Durian, dan Lixoura. Sedangkan untuk fauna, kebetulan turis bisa menemukan sekelompok rusa dan monyet. Meski tampil liar, mereka terlihat imut. Fitur lain yang bisa mereka temukan saat trekking adalah formasi gazebos (berugak). Inilah tempat dimana para wisatawan dapat bersantai sejenak sebelum mencapai air terjun sambil menyaksikan pemandangan hutan lindung.

Begitu sampai di lokasi, wisatawan bisa langsung masuk ke air dan mengembalikan energi seketika. Air terasa menyegarkan dan nuansanya cukup tenang! Selanjutnya, pengunjung harus mengambil kesempatan untuk menjelajahi air terjun tersebut dan mengambil beberapa gambar indah di sana. Inilah sebabnya mengapa wisatawan jangan lupa membawa kamera saat berkunjung. Pesta keluarga atau rekreasi dianjurkan asalkan mereka harus mengurus sampah sehingga tetap bersih.

Perjalanan atau Rute Menuju Air Terjun Jeruk Manis

Titik perhentian utama berada di Kota Mataram. Dari sini, wisatawan harus langsung ke Desa Kembang Kuning di Kabupaten Lombok Timur. Jarak antara lokasi tersebut adalah 52,2 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Jangan lupa mampir di Desa Tetebatu untuk beristirahat sejenak.

or cancel