Pesta Bunga Berwarna-warni yang Menarik di Festival Bunga Tomohon yang Sudah Mendunia

Kota Tomohon terletak 23 kilometer selatan Manado, ibu kota provinsi sulawesi utara, atau hanya satu jam perjalanan dari Manado. Berada di ketinggian 750-1.000 meter di atas permukaan laut, kota ini menjadi kotamadya pada tahun 2005. Meliputi area seluas 147,12 km2, kota ini diapit oleh dua gunung berapi aktif yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Suhu yang dingin membuat Tomohon terkenal dengan tanah suburnya yang menghasilkan beragam buah segar, sayuran dan bunga-bunga indah.

Festival Bunga Tomohon

Festival Bunga Tomohon yang fenomenal

Festival Bunga Tomohon diadakan setiap tahun dan merupakan pameran fantastis spesies bunga lokal yang tumbuh subur di dataran tinggi ini. Pertama kali diadakan pada tahun 2008, festival ini menjadi terkenal karena memecahkan tiga catatan MURI (Museum Rekor Indonesia).

Pada awalnya, Festival Bunga Tomohon memiliki karangan bunga terpanjang yang panjangnya mencapai 8 kilometer. Yang kedua adalah pencapaian penggunaan 100% bunga segar untuk menghias semua 46 kendaraan yang ikut dalam grand parade. Dan ketiga, karena memiliki karpet bunga terbesar yang pernah dirakit, mengambil dimensi besar 50x80 meter, menggunakan tidak kurang dari 7 juta bunga. Karpet bunga juga diakui sebagai salah satu yang terbesar yang pernah dibuat di dunia pada tahun 2008, mengalahkan karpet bunga 50x50 meter di Amsterdam. Prestasi fenomenal seperti itu menempatkan Tomohon ke radar dunia, seperti kota bunga.

                    Festival Bunga Tomohon 2

Festival bunga di Kota Tomohon diadakan setiap dua tahun sekali di tahun 2008, 2010, 2012. Namun mulai 2014, acara diadakan setiap tahun oleh permintaan masyarakat dan untuk menarik lebih banyak wisatawan. Tahun 2017, Festival Bunga Internasional Tomohon merayakan tahun ke- 7. Ini akan dibuka pada 7 Agustus, dengan tema "7 Keajaiban Tomohon". Tema agung ini akan menampilkan 7 keajaiban alam di sekitar Tomohon, yang terdiri dari 7 Gunung -7 Danau - 7 Air Terjun. 7 gunung adalah: Gunung Lokon, Gunung Empung, Gunung Tatawiran, Gunung Mahawu, Gunung Tampusu, Gunung Masarang, dan Gunung Kasuratan. Ke-7 danau tersebut adalah: Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean. Dan 7 air terjun tersebut adalah Tapahan, Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa, TekaanTelu, Kanderawatu, dan Kinapesutan. Jadi, pastikan untuk menandai tanggal Anda sekarang juga!

Dimana menemukan bunganya

Pernahkah Anda bertanya-tanya di mana tepatnya untuk mencari bunga-bunga indah ini? Taman Bunga Tomohon terletak di Desa Rurukan di sebelah timur kota Tomohon. Terletak di kaki Gunung Lokon, pemandangan pagi bunga yang hidup dengan gunung yang dahsyat sebagai latar belakangnya sungguh mempesona. Tempat lain yang bisa Anda kunjungi untuk aroma bunga yang indah adalah etalase (Show Window) . Terletak di daerah Kakaskasen di bagian utara Tomohon. Sekitar 3 km dari pusat kota, permukiman ini menjadi cikal bakal pemeliharaan bunga Tomohon. Etalase secara khusus ditujukan untuk menyajikan pendidikan yang terampil dalam budidaya varietas bunga yang bagus. Pengunjung juga bisa belajar tentang aneka bunga yang tumbuh disekitar fasilitas tersebut. Pada saat panen, mudah untuk menemukan bunga menawan di sepanjang jalan Kakaskasen, Di kios-kios atau mendekorasi halaman depan rumah-rumah lokal.

Bunga Indah yang dibudidayakan di Tomohon:

Berikut ini adalah beberapa bunga yang paling populer diproduksi di Tomohon di antara banyak jenis lain yang dipelihara di sekitar kota:

1. Chrysanthemums

Disebut Krisan dalam bahasa lokal, bunga ini dikenal sebagai Bunga Emas di China, diyakini memiliki kekuatan hidup, sehingga sering digunakan untuk pengobatan. Setidaknya ada 10 varietas Krisan di Tomohon: Krisan Kulun (lokon putih), Krisan Ririh (lokon kuning), Krisan Solinda Pelangi, Krisan Limeron, Krisan Merahayani, Krisan Pasopati, Krisan Arosuka Pelangi, Krisan Kineta, Krisan Salzieta dan Krisan Elora. Masing-masing memiliki bentuk yang berbeda dan warna menarik yang membuatnya menjadi bunga utama yang digunakan untuk menghias bunga mengapung.

2. Perennial Asters

Nama Aster berasal dari kata Yunani yang berarti 'bintang'. Bentuk bunga ini mirip dengan bunga aster dan juga memiliki banyak varietas. AsterTomohon sebagian besar berasal dari tipe Aster Chinensis, dengan beberapa warna untuk masing-masing varietas. Beberapa disebut Aster Chinensis Princes (pink, biru muda, biru muda, kuning muda dan putih), tipe Amerika (biru, merah, putih), tipe Liliput (putih, merah jambu, merah dan biru), Giant Cornet (pink , Merah, putih), Novae-Angliae (violet ringan) dan tipe Incisus (warna kebiru-biruan dan ungu).

3. Marigolds

Di Indonesia, bunga yang diperkenalkan sebagai Mary's Gold juga dikenal sebagai bunga marigold, calendula, gemitir atau telek-telekan. Selain Tomohon, daerah yang terkenal dengan bunga cerah ini bisa ditemukan di Bali, disekitar daerah Bedugul dan Kintamani. Kebanyakan varietas mudah tumbuh dan muncul dalam warna warna putih, kuning, oranye dan kemerahan. Aroma kuat bunga ini diyakini bisa mengusir serangga, dan juga bahan flavonoid yangmenjadikannya dikenal sebagai obat yang dicampur dengan salep untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat, seperti untuk kulit terbakar sinar matahari dan ruam popok.

4. Easter Lilies

Juga dikenal sebagai Lilium longiflorum, Ratu Salju, Bunga Easter Lily yang dikenal dengan Bunga Bakung di Indonesia. Bunga mekar berbentuk terompet yang memancarkan aroma manis seperti Easter Lily sangat populer untuk upacara khusus seperti upacara pernikahan dan gereja karena anugerah dan keanggunannya. Ada sekitar 110 jenis Lily yang dikenal di seluruh dunia, dan beberapa mengandung zat yang sayangnya beracun bagi kucing.

5. Orchids (Angrek)

Phaius tancarvilleae adalah anggrek terestrial yang tidak seperti anggrek lainnya, tumbuh dari tanah ke atas. Diketahui secara lokal sebagai Anggrek Kelapa atau Anggrek Payus. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian 2 m (7 kaki) dan menopang sampai 16 kuncup bunga. Dilaporkan juga bahwa spesies langka Grammatophyllum speciosum, yang sebagian besar dikenal sebagai Giant Orchids atau Anggrek Tebu pernah ditemukan tumbuh di desa Tara Tara, Tomohon. Bunga khusus ini hanya mekar selama 2 bulan setiap 2 tahun, dan bisa dilihat sebagai salah satu koleksi paling berharga di Taman Botani Bogor, Jawa Barat.

6. Gladioli

Petani Tomohon diketahui membiakkan Holland Gladioli, dan bahkan berhasil menarik investor bunga Belanda untuk memasok bibit berkualitas untuk ditanam di tanah Tomohon. Anda bisa melihatnya di area etalase (Show Window) di Kakaskasen untuk belajar tentang bunga berwarna-warni ini. Sekitar sepuluh ribu bibit sudah tumbuh untuk mendukung acara Paskah dan Festival Bunga Internasional Tomohon 2017 yang sangat dinanti pada Agustus ini.

Sebagaimana Ralph Waldo Emerson mengatakan "Bumi Tertawa dalam Bunga", ini telah menjadi slogan kota Tomohon "Menyambut Dunia dengan Bunga", yang mengunjungi Tomohon dan Festival Bunga Internasional Tomohon, semua pengunjung akan kembali bahagia, segar dan tersenyum. !


Favorit