Cari Kuliner


Ayam Pramugari Adytia Jaya di Banda Aceh : Kuliner Khas Aceh yang Gurih dan Lezat

Ayam Pramugari Adytia Jaya di Banda Aceh : Kuliner Khas Aceh yang Gurih dan Lezat
Kategori : Makanan Khas Daerah / Rumah Makan
Lokasi Indonesia / Aceh
Alamat : Ayam Pramugari, Blang Bintang, Banda Aceh
Views : 1211

Dari nama yang dicantumkan, mungkin yang ada di benak orang yang baru pertama sekali mendengarnya pasti mengira kalau kuliner ini mungkin dimasak atau dilayani oleh pramugari. Tetapi sebenarnya bukan itu, nama pramugari diberikan karena rumah makan ini sering disinggahi oleh pramugari yang kebetulan lokasi rumah makan ini dekat dengan Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Banda Aceh.

Jika dilihat penyajiannya, ayam pramugari ini sama dengan ayam tangkap yang juga merupakan makanan khas Aceh.  Hanya saja ayam tangkap banyak dijumpai di rumah makan di Banda Aceh sementara ayam pramugari hanya ada di dekat Bandara Sultan Iskandar Muda. Ayam yang dihidangkan merupakan ayam kampung dan ditambah dengan bumbu seperti garam, kunyit, jeruk nipis, daun pandan, daun kari, dan serai. Ayam dipotong dengan ukuran besar dan kemudian diungkeb. Setelah diungkeb barulah digoreng bersama dengan daun temurai dan daun pandan. Aroma ayam yang sudah digoreng akan merebak bersama bersama wangi dari daun-daunan yang digoreng.

Menyantap ayam pramugari dengan nasi putih yang hangat akan memuaskan para pecinta kuliner dengan rasa yang lezat dan gurih tidak dapat dijumpai di tempat lain. Agar lebih menambah rasa, cobalah mencampur kuah kari kambing khas daerah setempat yang dikenal dengan racikan banyak bumbu dan rempah.

Selain ayam pramugari, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti gulai ayam dan gulai kambing yang juga khas Aceh . Biasanya, kepada setiap tamu yang datang, akan disuguhi dengan 1 porsi ayam pramugari, 1 porsi gulai ayam dan 1 porsi gulai ayam. Apabila kurang, Anda dapat meminta tambah.

Saat ini, rumah makan yang berada di dekat Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang ini selalu ramai dikunjungi dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja bandara, pejabat, pengusaha hingga wisatawan pemburu makanan lezat. Sebagai catatan, apabila ingin mencicipi ayam pramugari ini, datanglah sebelum jam 1 siang karena lewat jam 1 siang, menu ayam pramugari biasanya sudah habis.

Dari segi harga, cukup terjangkau dibandingkan dengan ayam goreng lain yang dijual di rumah makan di sekitar Banda Aceh. Harganya hanya Rp 15.000 untuk 1 porsi ayam tangkap, Rp 20.000 untuk 1 porsi gulai ayam dan Rp 25.000 untuk 1 porsi gulai kambing.

or cancel