Cari Tempat Wisata


Pulau Hari Kendari : Keindahan Bawah Laut dan Kelembutan Pasir Putih

Pulau Hari Kendari : Keindahan Bawah Laut dan Kelembutan Pasir Putih
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tenggara
Alamat : Pulau Hari, Kendari, Sulawesi Tenggara
Views : 1640

Pariwisata Sulawesi Tenggara selalu memiliki pesona yang menakjubkan, tidak hanya dengan alam, warisan, kreasi seni dan kerajinan, dan budayanya, namun juga pantainya dengan keindahan bawah laut dan pasir putih mutiara mereka, yang telah menjadi daya tarik utama Pulau Hari.

Jika Anda mengunjungi daerah Sulawesi Tenggara, sebaiknya jangan pergi tanpa menginjakkan kaki di Pulau Hari, tidak jauh dari Kota Kendari, Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau ini memiliki banyak keunikan tersendiri yang mirip dengan resor laut Wakatobi. Pulau ini juga dikatakan memiliki sedikit mitos yang menarik. Menurut legenda kuno, dikatakan bahwa di pulau ini berdiam seorang malaikat mengenakan gaun merah yang panjang. Keindahannya yang tidak wajar tidak seperti pada umumnya, dan juga tidak bisa dibandingkan dengan yang lain.

Pulau Hari terletak di Kecamatan Soropia, bagian timur Kendari. Pulau yang indah ini merupakan salah satu dari sekumpulan beberapa pulau, yaitu: Pulau Bokori, Pulau Saponda Darat, dan Pulau Saponda Laut. Pulau-pulau indah ini berada pada jarak yang sama satu sama lain, yaitu sekitar 50 meter. Pulau Hari telah menjadi salah satu favorit di provinsi Sulawesi Tenggara, - terlepas dari kepulauan Wakatobi, terlepas dari kenyataan bahwa pulau ini tidak berpenghuni. Surga kecil yang unik ini hanya berjarak 1 kilometer persegi dan meski berukuran kecil, menawarkan berbagai aktivitas dan pengalaman alami yang akan memukau Anda.

Di Pulau Hari, Anda bisa menjelajahi hutan kecil yang sebagian besar tidak terganggu, karena pulau ini sama sekali tidak memiliki bangunan modern atau tradisional. Anda bisa melihat berbagai macam hewan tropis dan burung yang mendiami hutan ini.

Bagi pecinta keindahan bawah laut dan penggemar wisata bahari, tempat ini memiliki tantangan tersendiri untuk ditaklukkan, dengan menyelam dan snorkeling dalam laut, sedangkan bagi mereka yang hanya ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih, pulau ini siap menarik Anda.

Lautan di Pulau Hari kaya akan kehidupan laut mulai dari yang sangat kecil sampai yang sangat besar. Anda bisa menyaksikan ikan yang indah dan berwarna seperti ikan badut, angel fish, udang api, anemon udang, ascidia, dan bintang laut. Jika Anda beruntung, Anda bahkan mungkin bisa melihat sekilas kerang listrik, kerang khusus yang tampak bersinar atau mengeluarkan cahaya di bawah permukaan air setelah gelap. Anda mungkin juga memiliki kesempatan untuk bisa melihat kura-kura laut langka berenang di laut. Ada juga beberapa jenis ikan langka yang mendiami terumbu ini seperti sotong sunudan.

Aktivitas

Pulau Hari adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang merindukan istirahat dari rutinitas kehidupan kota. Surga kecil ini menawarkan kilau air yang berkilau dengan cahaya pada suhu 28 sampai 34 derajat celcius. Pasir putih yang bagus di sini akan mengisyaratkan Anda untuk menanggalkan sandal Anda dan berjalan tanpa alas kaki di sepanjang tepi air.

Di sekitar pulau terdapat 13 tempat menyelam yang menakjubkan. Situs menyelam yang mengelilingi pulau ini, mencapai kedalaman hingga 8 kaki, dengan air yang sangat jernih memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang memukau saat Anda menyeberang di laut, atau dari kapal sebelum Anda memutuskan untuk menyelam. Saat menyelam atau snorkeling , pemandangan laut dan terumbu karang di dekatnya sangat menakjubkan. Tempat tidur karang dan rumput laut adalah pemandangan yang menakjubkan karena bangunannya telah diatur rapi oleh tukang kebun sehari-hari. Menampilkan barisan rapi dan rak yang menonjol, ini benar-benar pemandangan yang menakjubkan. Menonton keindahan bawah laut dengan beragamnya kehidupan laut akan menjadi pengalaman yang tak akan pernah Anda lupakan.

Pulau-pulau di sekitarnya seperti Pulau Saponda Darat dan Pulau Saponda Laut juga memiliki tempat menyelam yang menakjubkan dengan jarak tempuh sekitar 50 meter dari Pulau Hari.

Bagi Anda yang suka memancing, ada kapal yang tersedia untuk disewa dari nelayan setempat untuk membawa Anda ke Pulau Saponda, sebuah pulau terdekat. Hasil tangkapan yang paling umum di pulau ini biasanya adalah screenfish atau sailfish.

Jika Anda menyukai kegiatan yang lebih ringan atau lebih santai, ikuti tur mengelilingi pulau untuk menyaksikan beragam burung tropis yang terbang berkeliling mencari kesempatan untuk menangkap mangsa mangsa mereka. Jika Anda beruntung, mungkin Anda akan memiliki kesempatan langka menyaksikan kura-kura raksasa bertelur di sepanjang pantai.

Pulau ini juga merupakan lokasi yang menarik bagi Anda fotografer. Pegang kamera Anda di samping Anda sepanjang hari karena Anda tidak pernah tahu momen indah langka yang akan Anda saksikan.

Makanan

Tidak ada warung makan atau restoran di sekitar Pulau Hari karena merupakan pulau tak berpenghuni. Tempat terdekat untuk membeli makanan adalah di Kota Kendari. Jadi, pastikan untuk membeli semua makanan dan makanan ringan yang Anda butuhkan untuk hari sebelumnya. Ini juga berlaku untuk air minum.

Untuk mendapatkan pengalaman penuh, satu hidangan tradisional dari Kendari yang patut Anda cicipi adalah Sinonggi. Kelezatan ini terbuat dari sagu dan disajikan dengan saus ikan dan sayuran tumis. Harga seporsi Sinonggi adalah Rp 17.000.

Anda juga bisa merasakan dan merasakan cita rasa khas Sate Pokea. Sate ini juga merupakan salah satu keistimewaan Kendari yang terbuat dari kerang air tawar, yang berjejer di atas tongkat dan dipanggang di atas panggangan atau api, mirip dengan kebab.

Penginapan

Karena Pulau Hari adalah pulau tak berpenghuni, tanpa bangunan atau kenyamanan modern, tempat terdekat untuk tinggal adalah di Kota Kendari yang berjarak sekitar satu jam dari pulau ini. Di Kendari, ada beberapa homestay dan hotel yang bisa Anda hubungi sebelumnya. Disarankan untuk memesan akomodasi Anda sampai seminggu sebelum kunjungan Anda terutama selama musim liburan karena hotel cenderung terisi dengan cepat.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Hari

Untuk mencapai Pulau Hari, Anda bisa berangkat dari kota Kendari dengan speedboad di Pelabuhan Banyan, Kompleks Pasar Sentral, Kendari. Jaraknya sekitar 20 mil dari pusat kota dan akan memakan waktu antara 1,5 sampai 2 jam untuk sampai ke Pulau Hari, tergantung pada cuaca dan kapal.

Kemudian didapatnya pada hari itu, semakin besar gelombang yang didapatnya. Jika lautan terlalu buruk, naik perahu mungkin tertunda sampai lautan lebih tenang. Oleh karena itu disarankan untuk berangkat dari Kendari antara jam 9-12 pagi.

Kendari memiliki bandara domestik. Ada sejumlah maskapai yang terbang ke Kendari dari Jakarta, di antaranya Garuda Indonesia dan Lion Air dari Jakarta melalui Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan dan penerbangan untuk wilayah timur Indonesia.

or cancel