Cari Tempat Wisata


Pantai Hondue Wakatobi : Tempat Snorkeling Terbaik di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi

Pantai Hondue Wakatobi : Tempat Snorkeling Terbaik di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tenggara
Alamat : Pantai Hondue, Pulau Tomia, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Views : 1234

Wisatawan memiliki preferensi yang berbeda dalam hal menghabiskan liburan di Indonesia. Salah satunya adalah menikmati snorkeling di pantai. Bagi mereka yang mencari petualangan seperti itu, mereka perlu mencari tempat yang tepat untuk melakukannya. Jangan khawatir, ada Pantai Hondue yang terletak di Pulau Tomia, bagian dari Kabupaten Wakatobi di Sulawesi Tenggara sebenarnya. Dengan air yang tenang dan cuaca yang nyaman, lokasinya sangat cocok untuk berenang dan snorkeling. Apalagi wisatawan bisa datang sendiri atau dengan teman mereka. Yang mereka butuhkan adalah informasi yang bagus dan perlengkapan snorkel yang andal.

Seperti disebutkan sebelumnya, Pantai Hondue memiliki air laut yang tenang. Itu berarti ombaknya tidak kuat, jadi pemula bisa menikmati snorkeling dengan aman. Selain itu, airnya hangat dan dilengkapi dengan jarak pandang yang sangat baik, sehingga ikan dan atraksi bahari lainnya terlihat jelas saat snorkeling. Selanjutnya, terkait dengan garis pantai,  pasirnya berwarna putih dan bertekstur lembut. Dekat ke pantai, formasi pohon kelapa terlihat cukup teduh, dimana wisatawan bisa rileks. Di cakrawala, wisatawan bisa melihat beberapa kapal nelayan, kembali dari aktivitas menangkap ikan.

Menjelajahi Pantai Hondue

Sebagai informasi, wisatawan yang belum mengetahui tentang Pantai Hondue, penting untuk belajar sedikit tentang pantai sebelum mengunjunginya. Paling tidak, mereka pasti tahu tempat terbaik untuk snorkeling dan berenang. Menurut penduduk setempat, tempat yang paling banyak dikunjungi adalah tempat karang berbentuk meja berada. Ini adalah rumah dari banyak ikan yang indah dan lingkungan bahari yang cukup mempesona. Belum lagi arus laut yang tidak berbahaya disana. Bahkan pemula pun bisa menjelajahinya dengan mudah, asalkan mereka datang dengan informasi yang cukup dan memakai perlengkapan yang tepat.

Memang benar snorkeling tidak memerlukan keahlian khusus. Namun, disarankan untuk mengetahui dasar-dasar sebelum masuk ke air. Keselamatan adalah suatu keharusan! Pertama, ini terkait dengan perlengkapan. Beberapa perlengkapan snorkeling yang dibutuhkan termasuk snorkel, masker, dan sirip. Bagi pemula, jaket pengaman juga dibutuhkan. Masalahnya adalah orang harus memilih ukuran yang tepat demi kenyamanan dan keamanan. Bila mengenai sirip, seharusnya tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

Snorkeling adalah tentang seni bernafas. Dengan demikian, dianjurkan untuk belajar bagaimana bernafas melalui snorkel sebelum masuk ke air. Begitu turis terbiasa, mereka bisa mencobanya di Pantai Hondue. Jika perlu, mereka harus datang dengan seorang instruktur atau teman berpengalaman. Dengan cara ini, aktivitas menjadi lebih aman dan meriah. Membawa kamera bawah air merupakan ide yang tepat, namun bisa jadi merepotkan dalam hal pergerakan dalam air.

Perjalanan atau Rute Menuju Pantai Hondue

Hal pertama yang harus dilakukan pengunjung adalah menuju Pulau Wangi-Wangi dengan pesawat terbang dan tujuannya adalah Bandara Matahora. Selanjutnya, mereka perlu mencapai pelabuhan terdekat dan naik perahu ke Pulau Kaledupa. Pelayaran selanjutnya diperlukan menuju ke Pulau Tomia. Pantai Hondue terletak di Desa Kollo Soha. Dibutuhkan sekitar 15 menit dari Waha (ibukota Kecamatan Tomia).

or cancel