Cari Tempat Wisata


Danau Poso di Sulawesi Tengah : Salah Satu Danau Terjernih di Dunia

Danau Poso di Sulawesi Tengah : Salah Satu Danau Terjernih di Dunia
Kategori : Wisata Alam / Danau
Lokasi Indonesia / Sulawesi Tengah
Alamat : Danau Poso, Poso, Sulawesi Tengah
Views : 1677

Untuk liburan yang menyegarkan dari rutinitas kehidupan kota normal, desa-desa yang pelik dan udara segar Danau Poso yang kurang dieksplorasi mungkin Anda butuhkan untuk merevitalisasi pikiran, tubuh dan jiwa Anda. Perairannya biru tua dan aquamarine dan merupakan salah satu danau paling jernih di dunia.

Danau Poso adalah danau purba yang terletak di Kabupaten Poso di Sulawesi Tengah, dan merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba dan Danau Singkarak di Sumatera. Danau ini membentang di area seluas 32.000 hektar, dan, dengan kedalaman 515 meter pada titik terdalamnya, hampir tiga kali lebih dalam dari pada Laut Jawa yang memiliki kedalaman rata-rata 151 meter saja.

Berada tepat di sebelah utara dataran tinggi Toraja di Sulawesi Selatan, Danau Poso berbatasan dengan kota Pendolo di ujung selatan danau dan Tentena di utara, dengan beberapa desa kecil bertebaran di antaranya. Air danau mengalir di sungai dan keluar ke Teluk Tomini di samping kota Poso.

Belut perak dan kuning menyilang danau bersama dua spesies ikan endemik. Bagian tengah danau berwarna biru jernih, diuraikan oleh warna hijau dan berbatasan dengan pasir putih dan emas yang lembut. Bukit bergulir mengelilingi danau yang mempesona ini, ditutupi dengan bentangan sawah hijau cerah, pohon cengkeh yang harum dan hutan tropis. Di sini juga ditemukan anoa dan babirusa yang merupakan hewan endemik Sulawesi.

Di Bancea dekat Pendolo adalah Taman Anggrek Bancea yang menyimpan koleksi besar jenis anggrek, di antaranya adalah Anggrek Hitam yang langka.

Ada juga fenomena aneh tentang Danau Poso. Saat malam tiba, cahaya terang yang jelas  sering terlihat berkilauan di bawah air. Terkadang tak bergerak, tapi terkadang bergerak cepat dari tepi ke tepi seberang danau. Beberapa orang mengaitkannya dengan mitranya "Nessie" misterius di Loch Ness Skotlandia.

Sejak penampakan pertamanya, kisah tersebut telah berevolusi dari cahaya di dalam danau sampai cahaya yang melayang di atas danau dan di sekitar perbukitan dan ladang di dekatnya. Tontonan ini telah diamati selama bertahun-tahun, namun sumber cahaya misterius belum pernah dikonfirmasi.

Aktivitas

Pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, dan udara bersih dan sejuk dan membuat kondisi sempurna untuk berjalan-jalan santai di sekitar danau seperti laut yang sangat besar ini. Usaha lebih jauh dari tepi Danau Poso dan masuk ke hutan tropis sekitarnya yang memberikan penampakan langka dari Kerbau kerdil dan Babirusa yang terancam punah. Beberapa spesies satwa liar lainnya yang ditemukan di pulau Sulawesi juga menjadikan hutan ini sebagai rumah.

Celupkan air sejuk dan jernih di dasar Air Terjun Saluopa yang baru ditemukan. Di hutan sekitar Tentena, di ujung utara Poso, tersembunyi rapi di pemandangan berpantai hutan, Danau Poso mengalir ke sungai kecil, yang tumpah ke jeram ringan, dan akhirnya berjuntai dalam gelombang air, mengalir ke sebuah kolam jernih yang berbatu.

Sewa perahu untuk pelayaran di sekitar danau Poso, yang menurut penduduk setempat selalu sangat jernih, bahkan jauh di dalam pergolakan musim hujan. Beberapa ahli menganggap air Danau Poso termasuk yang paling murni di dunia. Berbagai kapal tersedia untuk petualangan berair ini dari perahu motor khas hingga kano kayu yang lebih tradisional.

Pergi memancing di danau, yang menyimpan ikan berkelimpahan termasuk Belut Sogili, salah satu belut air tawar terbesar di dunia. Berenanglah di perairan danau yang bersih dan jernih, di mana hembusan angin menyebabkan gelombang yang menembus busa putih di garis pantai, mirip dengan yang ada di laut. Tepian danau yang landai ada pasir yang lembut tanpa batu atau terumbu yang tersembunyi di bawah air, jadi tidak perlu khawatir akan luka atau goresan saat mengarungi. Tidak seperti samudera sekalipun, airnya segar, dan karena itu tidak akan mempengaruhi mata Anda jika Anda memilih untuk mengintip di bawah permukaan, di mana sekelompok ikan kecil menyapu seluruh air.

Pada minggu keempat Agustus, sebuah festival besar diadakan di Danau Poso. Festival Danau Poso adalah acara budaya yang menampilkan berbagai macam kompetisi dan pertunjukan seni dari provinsi dan kota di Sulawesi Tengah, termasuk permainan tradisional, lomba perahu dekoratif, lomba perahu dayung, pertunjukan tari dan bola voli pantai. Penduduk lokal dari daerah lain di Indonesia juga berpartisipasi dalam acara ini untuk menampilkan kesenian, kerajinan tangan dan pakaian tradisional dari berbagai suku di seluruh negeri. Hidangan utama yang disajikan di warung makan selama festival adalah masakan ikan danau dari Suku Pamona, dan mencicipi ini pasti harus ada dalam daftar hal-hal yang harus dilakukan saat berada di Poso.

Tempat lain untuk dikunjungi adalah Taman Anggrek Bancea di sebuah desa berkembang, sekitar 15 kilometer dari Pendolo. Meliputi lebih dari 5.000 hektar, taman ini merupakan kawasan anggrek terbesar di Indonesia, dan menampilkan koleksi lebih dari 50 spesies anggrek langka dan eksotis, keduanya tumbuh liar. Jika Anda menikmati perjalanan panjang yang baik, mungkin saja untuk mencapai Taman Anggrek dengan berjalan kaki dari Pendolo. Sebagai alternatif, Anda bisa menyewa mobil untuk mengantar Anda ke sana. Selain mengundang wisatawan, danau ini juga menarik minat peneliti dan investor yang tertarik untuk mengembangkan perikanan. Selain ikan yang berlimpah, daerah ini juga merupakan penampungan Anggrek Hitam langka di Indonesia.

Makanan

Kunjungan ke Danau Poso tidak lengkap tanpa melakukan wisata kuliner di sekitar danau. Memancing adalah salah satu sarana utama rezeki desa-desa setempat, dan ikan danau memainkan peran besar dalam menu masakan lokal yang disajikan di warung makanan kecil, restoran dan homestay. Makanan khas Poso yang harus dijadikan sampel adalah Sogili Bakar, yaitu belut air tawar bakar. Ikan ini juga disajikan dengan direbus, namun barbecue merupakan pilihan yang biasa. Ikan ini dibumbui dengan air jeruk nipis, tomat dan bawang bombay dan disajikan dengan nasi, sayuran dan saus sambal.

Penginapan

UeDatu Cottages terletak di pusat Tentena, di tepi Danau Poso, dikelilingi oleh sawah. Beberapa jenis kamar tersedia, masing-masing dengan tempat tidur double dengan kasur berkualitas, seprai bersih, bantal nyaman dan handuk segar yang disediakan. Layanan meliputi WiFi gratis, penggunaan sepeda kota dan kopi serta teh gratis sepanjang hari. Harga mulai sekitar Rp 150.000 – Rp 400.000 per malam. Alamat: Jalan UeDatu 92, Tentena.

Tando Bone Bungalow Resort menawarkan 8 bungalow yang luas, dibangun di pantai timur Danau Poso yang berpasir dan menghadap ke dataran tinggi yang mempesona dan bukit-bukit miring di Sulawesi Tengah. Bungalow dapat disewa dari satu hari hingga satu tahun dan dilengkapi sepenuhnya dengan pencahayaan bertenaga surya dan kulkas, kompor gas, toilet modern dan shower dengan air yang dipanaskan dengan sinar matahari. Harga berkisar antara Rp 350.000 -  Rp 500.000. Fasilitas dan layanan lainnya termasuk restoran, penggunaan telepon, faks, kunjungan hutan dan trekking, dan pelajaran dalam kerajinan tradisional, masakan Indonesia, dan tarian tradisional. Alamat: Jalan Setia Budi 18, Tentena.

Perjalanan atau Rute Menuju Danau Poso

Pusat transportasi terdekat adalah Makassar di Sulawesi Selatan dan Manado di Sulawesi Utara, keduanya memiliki penerbangan domestik dari semua kota besar di seluruh Indonesia, dan beberapa penerbangan internasional; dari Manado ke Singapura dan Davao di Filipina, dan dari Makassar ke Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Kedua bandara yang ada di atas memiliki penerbangan ke Palu, sebuah kota di sebelah barat Sulawesi Tengah. Bandara di Palu adalah bandara domestik hanya tersedia dari Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado dan Makassar.

Sebagai alternatif, Sulawesi sangat terhubung dengan baik melalui laut, jika Anda lebih memilih rute air yang lebih indah, dan jauh lebih lama dari pelabuhan Manado atau Makassar ke Palu.

Dari Palu, lanjutkan jalur darat ke danau via bus, menyewa mobil atau motor. Berkendara menempuh jarak sekitar 280 kilometer dan akan memakan waktu sekitar 8 jam.

or cancel