Cari Tempat Wisata


Pulau Mc Arthur atau Pulau Zum Zum : Kisah Jenderal Amerika Douglas MacArthur di Morotai

Pulau Mc Arthur atau Pulau Zum Zum :  Kisah Jenderal Amerika Douglas MacArthur di Morotai
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Ikon Kebanggaan
Lokasi Indonesia / Maluku Utara
Alamat : Pulau Mc Arthur, Pulau Zum Zum, Morotai, Maluku Utara
Views : 1917

Di bagian barat Indonesia, ada sebuah pulau kecil. Namanya Morotai. Sebenarnya, pulau ini bagian dari Kepulauan Maluku. Belum lagi Morotai memiliki pulau-pulau terdekat. Semuanya telah menarik banyak pengunjung baru-baru ini. Misalnya, ada Pulau Zum Zum. Nama lainnya adalah Pulau McArthur. Seperti namanya, ada sekutu jenderal bernama Douglas Mac Arthur di sini. Dia tinggal dan bersembunyi di pulau ini selama Perang Dunia II. Tak heran, wisatawan datang kesini karena sejarahnya yang menarik.

Pulau MacArthur memiliki suasana lusuh dan belum terjamah. Tidak banyak orang tinggal di sekitarnya. Salah satu daya tarik pulau ini adalah patung Jenderal Mac Arthur. Tengara terkenal ini berhadapan langsung dengan Pulau Daruba. Ada juga pangkalan udara tua yang  dibangun oleh Mac Arthur. Saat ini, wisatawan juga sering mengunjungi tempat menarik ini. Panjang landasan terbang sekitar 3.000 meter. Beberapa bagian dasar tetap berguna. Sisanya terbengkalai.

Seperti disebutkan sebelumnya, nama pulau itu adalah Zum Zum. Karena kisah Douglas Mac Arthur yang lebih familiar, pulau ini memiliki nama lain yaitu Pulau  MacArthur. Sebagian besar pengunjung datang ke sini untuk mengambil beberapa gambar di depan patung tersebut. Ada sumur tua di dekat patung ini. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati air tawar selama hari yang panas. Jika mereka pergi ke tepi pantai Zum Zum, mereka bisa menemukan helipad tua. Terletak di dekat air laut.

Patung Douglas Mac Arthur memiliki tinggi 20 meter. Ada juga pesan yang dibuat di atasnya. Dikatakan "I Shall Return". Jadi, apakah ini semua tentang patung ini? Pulau Zum Zum menawarkan tempat menarik lainnya untuk dikunjungi. Misalnya ada gua karang. Mulut gua cukup kecil karena ditutupi oleh hutan mangrove. Wisatawan harus merangkak masuk ke dalam gua. Sebenarnya gua itu memiliki ruang yang luas di dalamnya. Daya tarik lain dari pulau ini adalah bangkai kapal tongkang sekutu.

Siapa yang datang ke Pulau Mac Arthur? Sebagian besar wisatawan adalah sejarawan dan veteran Perang Dunia II. Beberapa ahli juga datang ke sini untuk beberapa proyek. Bagi wisatawan, Pulau Zum Zum adalah pintu gerbang yang bagus. Mereka bisa santai. Ada "air kristal". Ini sebenarnya tempat pemandian. Ini juga berguna sebagai sumur. Belum lagi pengunjung bisa belajar sejarah jenderal agung sekutu. Apalagi? Pemerintah daerah juga menyediakan transportasi laut bagi pengunjung. Itu berarti wisatawan bisa menjelajahi pulau lain dengan mudah.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau McArthur

Tujuan pertama adalah pasti Pulau Morotai. Turis lokal bisa datang lewat udara. Ada Bandara Sultan Babullah Ternate. Begitu sampai di pulau ini, tujuan selanjutnya adalah Pulau Zum Zum. Terletak di bagian barat Morotai. Wisatawan bisa sampai di pulau dengan mengendarai speed boat dari pelabuhan Daruba. Kira-kira, dibutuhkan 15 menit perjalanan laut. Perjalanan tidak akan membosankan. Laut cukup damai dan angin sepoi-sepoi terasa menyejukkan.

or cancel