Cari Tempat Wisata


Kota Tarakan : Kota Rawa dengan Keajaiban Sejarah yang Kuat

Kota Tarakan : Kota Rawa dengan Keajaiban Sejarah yang Kuat
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Kalimantan Utara
Alamat : Tarakan, Kalimantan Utara
Views : 1459

Terletak tepat di seberang perbatasan Sabah, Malaysia, kota dan pulau Tarakan merupakan bagian dari provinsi muda, Kalimantan Utara. Dulu merupakan daerah penghasil minyak utama selama masa penjajahan Belanda dan memiliki kepentingan strategis selama Perang Pasifik dan merupakan salah satu sasaran pertama Jepang di awal perang.

Sisa-sisa bentrokan dan pertempuran besar masih bisa ditemukan di seluruh kota. Di antara sisa-sisa ini adalah Situs Peningki Lama di Tarakan Timur, Museum Roemah Boendar (Museum Bundar), Pos Kausan / Pos Penebangan, Monumen Australia di Kodim (Komando Militer) di Jalan Pulau Kalimantan, dan Monumen Ash Jepang.

Selain berbagai sisa-sisa dan monumen Perang Dunia II, kota Tarakan juga menyimpan tempat-tempat menarik lainnya untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Taman Angrek Tarakan, Pantai Amal, Pusat Pembiakan Buaya Juwata dan Kawasan Konservasi Monyet Mangrove dan Proboscis yang merupakan rumah monyet proboscis langka (dikenal sebagai Bekantan).

Menuju Lokasi

Bandara Internasional Juwata melayani penerbangan domestik dan internasional. Ada penerbangan langsung antara Tarakan dan Balikpapan, Surabaya, Tanjung Selor, Nunukan, dan Berau. Bandara Tarakan juga melayani rute internasional ke Tawau di Malaysia.

Untuk transportasi laut, kota ini memiliki 4 pelabuhan laut utama yaitu Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung, dan Pelabuhan Juwata Laut. Melalui jalur laut, kota ini terhubung dengan Tawau, di Sabah, Malaysia, Pulau Jawa, dan Sulawesi.

or cancel