Cari Event


Lovely December 2017 Festival di Toraja Utara : Perayaan Natal dan Tahun Baru yang Sangat Meriah di Toraja

Lovely December 2017 Festival di Toraja Utara : Perayaan Natal dan Tahun Baru yang Sangat Meriah di Toraja
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan
Start Date : Dec 5, 2017
End Date : Dec 31, 2017
Views : 2222

Dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, sorotan akan beralih ke dataran tinggi Toraja yang indah di Provinsi Sulawesi Selatan, di mana perayaan Desember 2017 yang indah akan berlangsung dari tanggal 5 sampai 31 Desember 2017. Selama hampir satu bulan penuh, banyak acara menarik dan Perayaan akan digelar di dataran tinggi ini baik di Kabupaten Toraja Utara maupun Kabupaten Tana Toraja.

Tahun ini, festival tahunan telah mengangkat tema: "Pengalaman Surgawi yang tak terlupakan" yang mengekspresikan suasana luar biasa dari dataran tinggi ini dengan segala keajaibannya yang unik.

Festival Desember 2017 akan disorot 7 Program Utama, yaitu: the Coffee Festival, Bulls Contest and Bull Fight, Christmas Choirs Competition, Traditional Food and Beverage Fiesta, Art and Culture Festival, Sports Tourism, as well as Fun and Fury Paragliding. Salah satu fitur yang paling dinanti dari festival ini adalah 'Tedong' atau Bull Parade yang akan menampilkan kerbau petarung terkuat dan terbaik dari semua 23 kecamatan di Kabupaten Toraja Utara.

Tak lain dari Presiden RI, Joko Widodo sendiri, dijadwalkan hadir di Festival unik ini. Kehadiran Presiden Jokowi (seperti yang sudah dikenalnya) pasti menegaskan besarnya dan signifikansi acara tersebut.

"Ditemukan" dan dibuka ke dunia dari keterisolasian mereka yang panjang sejak awal abad yang lalu, orang Toraja saat ini masih berpegang pada kepercayaan, ritual, dan tradisi kuno mereka, walaupun banyak yang telah dimodernisasi atau telah menjadi orang Kristen. Ketika seseorang melakukan perjalanan ke dataran tinggi Tana Toraja, Dia akan terpesona oleh keindahan alam yang spektakuler, pada saat bersamaan, pengalaman bagaimana masyarakat selama berabad-abad mempertahankan keyakinan dan tradisi mereka dalam isolasi yang indah agar dapat hidup harmonis dalam siklus hidup dan kematian abadi di bumi.

Toraja menjadi istimewa karena tempat pemakamannya yang menakjubkan dan upacara penguburan yang unik. Salah satu fitur yang dari upacara tersebut adalah 'Tedong Silaga'. Berdasarkan tradisi ini, kerbau jantan terbaik dan terkuat di wilayah ini akan menghadapi duel satu lawan satu untuk menghibur keluarga dan ratusan tamu mereka.

Bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Toraja, terutama kaum bangsawan, mengubur keluarga almarhum mereka dan orang-orang terkasih dengan cara yang paling unik. Di sini, orang akan menemukan bahwa tidak seperti kebanyakan budaya lainnya, orang mati tidak terkubur jauh di dalam tanah tapi malah ditempatkan tinggi di tebing berbatu, di gua atau bahkan di dalam lubang berukir di batu-batu besar. Tempat pemakaman ini bisa ditemukan di banyak tempat di Toraja. Selain dari situs-situs yang sudah terkenal seperti Londa, Lemo, dan desa tradisional Kete'Kesu, masih banyak situs lainnya di seluruh dataran tinggi termasuk di Lo'ko Ma'ta, - yang dianggap sebagai kuburan batu granit terbesar - gua Tampang Allo, dan juga di Desa Kalimbuang Bori.

Tetapi bagi mereka yang tidak kepingin mengunjungi tempat pemakaman, mereka dapat melihat patung besar Yesus Kristus di Toraja, menyerupai patung Yesus di Rio de Janeiro, memberkati wilayah pegunungan Toraja ini. Arung jeram di sini juga merupakan salah satu cara lain yang menantang untuk menikmati wisata olahraga di sini, sementara banyak turis menyukai trekking di pegunungan dengan udara yang sejuk, menikmati panorama yang menakjubkan.

Dan untuk mencicipi khas daerah Toraja, tentu saja ada Kopi Toraja dimana dataran tinggi ini terkenal sebagai penghasil beberapa kopi terbaik di dunia. Anda tidak hanya bisa merasakan kopi panas yang mengepul indah ini di pegunungan yang dingin tapi membawa pulang kopi menakjubkan ini ke dari perkebunan kopi dan menjelajahi bagaimana benih diproduksi dan diproses untuk memberi secangkir kopi aromatik yang luar biasa itu.

or cancel