Cari Event


Karnaval Batik Solo 2017 : Astamurti Kawijayan - Kemuliaan Budaya Jawa

Karnaval Batik Solo 2017 : Astamurti Kawijayan - Kemuliaan Budaya Jawa
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Solo, Jawa Tengah
Start Date : Jul 13, 2017
Start Time : 08 : 00
End Date : Jul 14, 2017
End Time : 17 : 00
Views : 1051

Kota kerajaan Solo di Jawa Tengah akan hidup dengan perayaan besar saat pesta tahunan Karnaval Batik Solo menjadi sorotan di kota ini - yang secara resmi dikenal sebagai Surakarta - pada 14 sampai 15 Juli 2017.

Memasuki edisi ke 10 tahun ini, acara ini mengusung tema "Astamurti Kawijayan" yang berarti "Kemuliaan Budaya Jawa" yang merupakan kompilasi dari semua tema sebelumnya. Mengubah jalan-jalan utama Solo menjadi catwalk 'batik' yang masif, karnaval akan menghadirkan pesta mode spektakuler dari Stadion Sriwedari sampai ke Benteng Vastenburg di Solo.

Merayakan satu dekade eksistensi, akan ada enam tema sub-tema yang dihidupkan kembali dari edisi sebelumnya, yaitu: Wayang, Topeng, Sekar Jagat , Legenda, Mustika Jawa Dwipa (Harta Karun Jawa), dan Jatayu (Makhluk Mitos). Sementara itu, tema utama Astamurti Kawijayan atau Kemuliaan Budaya Jawa akan ditafsirkan melalui kehadiran presentasi budaya Jawa yang agung, megah, dan indah.

"Jalan-jalan di sepanjang rute karnaval akan ditutup dan berubah menjadi catwalk besar untuk model yang menampilkan beragam kreasi mode fantastis berdasarkan seni tradisional Batik. Memancarkan suasana khas Jawa, karnaval akan disertai dengan musik gamelan tradisional Jawa yang berbeda. Sungguh, kombinasi sempurna! "Kata Kepala Dinas Pariwisata Solo, Eny Tyasni Suzana.

Sebagai fitur spesial edisi ke-10, tahun ini karnaval akan menghadirkan sesuatu yang baru. Selain hanya menampilkan busana dalam sebuah parade, peserta karnaval tahun ini akan mengilustrasikan pemandangan khusus cerita wayang kulit (kebanyakan dari cakrawala Ramayana atau Mahabharata). "Misalnya, mereka yang menggambarkan adegan Anoman Obong (pembakaran Hanuman) dari kisah Ramayana akan mengenakan kostum dengan unsur api dan monyet putih (Hanuman)" jelas juru bicara Yayasan Batik Karnaval Solo, Ira Oktarini.

Tahun ini, karnaval tersebut akan melibatkan tidak kurang dari 200 pemain asal Solo. Sebagai tambahan istimewa, tahun ini, festival fashion juga bekerja sama dengan Karnaval Jember Fashion yang sama terkenalnya di Jawa Timur dan Karnaval Caruban dari Kota Cirebon di Jawa Barat.

Sementara itu, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya berkomentar bahwa Solo Batik Carnival 2017 adalah contoh atraksi budaya dan buatan yang sempurna, karena selain mempromosikan Solo sebagai tujuan, hal itu juga mendorong industri busana batik kota. Dia menambahkan, kementerian tersebut terus melakukan roadshow ke berbagai maskapai penerbangan internasional untuk menambah penerbangan langsung ke Solo. "Saya juga pernah meminta Menteri Pariwisata Thailand, Kobkarn Wattanavrangkul, sehingga kita diberi waktu slot di Bangkok, dan dia sudah menyetujuinya" tambah Menteri Arief Yahya.

Sebagai tradisi yang telah berkembang selama beberapa generasi, seni Batik tidak terlepas dari budaya Jawa. Melambangkan keanggunan dan ketepatan dalam penciptaannya, kain batik yang rumit itu sendiri adalah lambang keanggunan, harmoni, keseimbangan dan filosofi Jawa. Dan sebagai tempat duduk budaya dan tradisi Jawa, kota Solo memiliki beberapa contoh batik Keraton terbaik. Atau Royal Batik, sebuah tradisi artistik yang telah diwariskan dari kerajaan Jawa kuno. Kedekatannya dengan situs warisan dunia dan Yogyakarta seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan telah membuat Solo menjadi lokasi yang sempurna untuk merayakan tradisi batik tradisional Batik yang kekal.

or cancel

Event Lainnya di jawa-tengah more »