Cari Event


Festival Pasar Terapung 2018 Banjarmasin : Festival Pasar Tradisional yang Semarak di Atas Sungai

Festival Pasar Terapung 2018 Banjarmasin : Festival Pasar Tradisional yang Semarak di Atas Sungai
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Sungai martapura, banjarmasin, Kalimantan Selatan
Start Date : Aug 24, 2018
End Date : Aug 26, 2018
Views : 4778

Menunjukkan beragamnya keajaiban Kalimantan Selatan, Festival Budaya Pasar Terapung 2018 akan berlangsung pada tanggal 24 - 26 Agustus 2018 di Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. Berpusat di Siring Sungai Martapura di sepanjang tepi sungai Sungai Martapura di jalan Pierre Tendean  di Banjarmasin, ini akan menjadi saat yang tepat untuk mengenal pasar terapung, batu permata Martapura, penawaran kuliner yang lezat, dan semua kemegahan dari propinsi.

Festival Pasar Terapung Banjarmasin merupakan sebuah pasar tradisional yang letaknya di atas sungai Barito. Para pedagang dan pembeli yang ada disini kesemuanya menggunakan sarana transportasi jukung ( perahu ) untuk menjajakan dan mencari barang dagangannya. Biasanya para wisatawan yang datang ke Kota Banjarmasin pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi pasar terapung ini karena pasar ini merupakan pasar unik yang hanya ada satu di Indonesia yaitu di Kota Banjarmasin.

Festival Pasar Terapung 2018 ini akan menampilkan sejumlah kegiatan menarik termasuk Parade Budaya, Karnaval Fashion Banjar, Festival SinomanHadrah, Game Tradisional Balogo, Festival Kuliner Desa Banjar, Festival Kain Tradisional Sasirangan, dan kompetisi untuk Chef Hotel dan Restoran Terbaik, Dekorasi Perahu Tradisional Jukung, Fotografi , dan banyak lagi.

Selama 3 hari penuh, Festival Pasar Terapung 2018 akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya yang menarik termasuk sebuah parade perahu Jukung tradisional yang didekorasi (jenis yang digunakan oleh pedagang di pasar terapung) di Sungai Martapura.

Bertepatan dengan ulang tahun ke 492 Banjarmasin, acara ini juga diharapkan dapat mendongkrak kedatangan wisatawan domestik dan internasional ke Kalimantan Selatan. Selain menjadi acara tahunan untuk provinsi ini, acara tersebut juga telah termasuk dalam Kalender Kegiatan Tahunan Kementerian Pariwisata.

Kota Kalimantan yang terbesar dan paling menghibur- wilayah Indonesia di Kalimantan - Banjarmasin bersandar di atas labirin kanal sehingga memberikan julukan yang terkenal sebagai kota seribu sungai. Karakteristik unik ini selalu memainkan peran penting dalam pola hidup masyarakat Banjar (suku asli Banjarmasin). Sampai hari ini, setiap pagi ada pasar terapung dimana para petani dan pedagang menjual barang mereka menggunakan perahu untuk berdagang. Selalu menjadi pasar petani dan menarik untuk melihat cara hidup berbasis sungai yang asli. Yang paling menonjol dari pasar sungai ini adalah Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan.

Berada di dekat muara Sungai Barito yang mengalir melalui kota Banjarmasin, ada Pulau Kaget yang menjadi tempat Anda dapat menemukan monyet Proboscis yang berhidung panjang  dan telah menjadi maskot unik Kalimantan Selatan. Inilah monyet yang merupakan bagian dalam penampilan episode yang disebut "Flight 714" dari serial komik klasik Petualangan Tintin (dirilis pada 1968).

Kalimantan Selatan juga terkenal dengan batu permata yang berkilau, terutama yang memancarkan cahaya yang paling indah, yaitu: Berlian. Mengirimkan kilau indahnya ke seluruh dunia, permata berharga ini digali dari ladang berlian di provinsi ini, namun yang paling terkenal ditemukan di Lapangan Berlian Cempaka, di kota Banjarbaru. Sedangkan tempat berjejer perhiasan dan asesoris seperti kalung, gelang, cincin, bros, dan lain-lain berbahan berlian murni, emas, zirkon, perak, berbagai batu permata lainnya, bahkan imitasi plastik atau kaca, maka tempatnya di Martapura, terletak sekitar 45 kilometer timur Banjarmasin.

or cancel

Event Lainnya di kalimantan-selatan more »