Cari Event


Festival Bunga dan Buah Karo 2017 di Berastagi

Festival Bunga dan Buah Karo 2017 di Berastagi
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Berastagi, Sumatera Utara
Start Date : Jul 5, 2017
Start Time : 08 : 00
End Date : Jul 8, 2017
End Time : 17 : 00
Fees : n/a
Views : 1985

Menyaksikan beragam warna yang indah, aroma yang mempesona, dan manisnya berbagai bunga dan buah tropis pada perayaan spesial Festival Bunga dan Buah 2017 yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 6 sampai 9 Juli 2017. Festival rakyat tahunan ini akan diadakan di tempat yang indah. Kota pegunungan Berastagi di Dataran Tinggi Karo yang Indah di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Berlangsung di kaki gunung yang masih aktif. Sinabung, Festival Bunga dan Buah Karo merupakan ungkapan rasa terima kasih dari para petani kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen buah-buahan, sayuran, dan bunga yang melimpah di seluruh kabupaten. Perwakilan dari masing-masing kecamatan akan memamerkan karakteristik unik mereka di gerobak yang indah, dihiasi dengan bunga, buah, dan sayuran yang merupakan komoditas unggulan di setiap kecamatan, yang ditampilkan dengan gaya dan tema tersendiri. Untuk pembukaan festival, gerobak akan dibawa di sepanjang jalan utama kabupaten dari Kabanjahe (Ibu Kota Kabupaten Karo) ke Taman Mejuah-juah di Berastagi, titik sentral festival ini.

Festival selama 4 hari akan disorot dengan banyak pertunjukan seni dan budaya, hiburan dan permainan rakyat, bazaar dan pameran, serta sejumlah kompetisi. Di antaranya adalah: Pengaturan Bunga, Pencampuran Bunga, Buah, dan Sayuran, Menghiasi Gerobak, Parade Delegasi, Pameran Bilik, dan Kompetisi Paduan Suara.

Festival ini berakar pada tradisi lokal yang hampir mirip dengan "Thanksgiving", ketika keluarga dan teman berkumpul untuk mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa dan juga menghormati nenek moyang yang telah memberkati mereka dengan tanah yang subur dan panen yang melimpah. Saat ini, ritual pemujaan leluhur telah berubah menjadi doa dan pujian kepada Tuhan yang diungkapkan dalam berbagai agama yang ada disini. Meskipun demikian esensi dari festival itu merupakan ungkapan terima kasih dan rasa syukur yang masih hidup dalam acara meriah ini.

Selama festival, orang-orang Karo (terlepas dari agama masing-masingnya) akan menyiapkan makanan tradisional yang berbeda seperti Gulai Daging, Ikan, Lemang Ketan, Cimpa, Tape (singkong atau beras fermentasi) serta banyak buah, Makanan ringan, dan makanan lainnya. Semua anggota keluarga, serta tetangga, dan tamu kemudian berkumpul untuk menikmati makan malam yang meriah dengan pakaian terbaik dan terindah. Rumah-rumah di desa-desa dan kota-kota juga akan dihias dengan indah dengan bunga berwarna-warni dan daun palem, yang memancarkan suasana perayaan yang menyenangkan.

Kota Berastagi yang permai di dataran tinggi Karo yang indah, berjarak 70 km dari Medan, ibu kota Sumatera Utara, dan terletak di jalan menuju Danau Toba. Terletak di ketinggian 1.300 meter, kota ini memiliki iklim yang sejuk, berkisar antara 17-20 derajat celcius, membuat istirahat lebih menyegarkan dari panasnya kota. Dengan tanahnya yang subur dan iklim yang sejuk, Berastagi menghasilkan banyak sayuran dan buah-buahan, beberapa di antaranya juga diekspor ke Singapura. Dari Medan, kota kecil yang indah ini bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam perjalanan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo
Jl. Jalan Gulindang No.1 Berastagi
Telepon: +62 2628 91558
Email: dinaspariwisatakaro@gmail.com

or cancel

Event Lainnya di sumatera-utara more »