Cari Event


Festival Budaya Isen Mulang 2018 di Palangkaraya : Acara Budaya Paling Meriah di Kalimantan Tengah

Festival Budaya Isen Mulang 2018 di Palangkaraya : Acara Budaya Paling Meriah di Kalimantan Tengah
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Start Date : May 19, 2018
End Date : May 24, 2018
Views : 3996

Keanekaragaman etnis dan budaya unik yang hidup berdampingan secara damai di Provinsi Kalimantan Tengah dipamerkan setiap tahun di Festival Budaya Isen Mulang. Tahun 2018, acara akan berlangsung lagi pada tanggal 19 - 24 Mei 2018 di Palangkaraya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke 60 provinsi tersebut.

Menyoroti beragam budaya yang berkembang di provinsi ini, festival ini akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, permainan dan kompetisi, serta Pertunjukan Kecantikan Pariwisata Kalimantan Tengah.

Acara pembukaan akan berlangsung di Bundaran Besar Palangkaraya, diikuti oleh satu sorotan utama festival yaitu karnaval budaya, yang menampilkan ribuan peserta dari semua kota dan kabupaten di provinsi ini. Karnaval akan dimulai dari Kantor Gubernur, melewati Istana Isen Mulang, kemudian mengikuti jalan-jalan utama kota, sebelum kembali ke Bundaran Besar. Dalam karnaval tersebut, jalan-jalan di Palangkaraya akan dipenuhi dengan tarian tradisional warna-warni dari kelompok etnis Dayak dengan mengenakan kostum dan aksesoris tradisional yang menarik, serta atraksi lainnya.

Juga menyoroti festival tersebut ada sejumlah kompetisi termasuk Lomba Fotografi, Lomba Perahu Tradisional Jukung, kuliner tradisional, tarian tradisional, lomba lagu tradisional, dan lainnya. Juga akan ada permainan dan kompetisi tradisional unik Kalimantan Tengah, seperti: Lawang Sakepeng, Meneweng Manetek dan Manyila Kayu, Karungut, Balogo, Habayang, Mangenta, Malamang, BeseiKambe, Manyipet, Mangaruhi, dan masih banyak lagi.

Kontes kecantikan pariwisata dijadwalkan berlangsung di Museum Balangan. Salah satu acara yang paling menggairahkan adalah Sepak Sawut yang pada dasarnya merupakan pertandingan sepak bola namun bukan sepak bola biasa, bola panas yang menyala digunakan.

Dalam bahasa lokal, "Isen Mulang" yang diterjemahkan secara sederhana berarti "tidak pernah mundur", yang merupakan moto dari Kota Palangkaraya dan sebuah pernyataan yang menggambarkan keberanian rakyatnya. Festival itu sendiri diadakan setiap tahun untuk mendukung promosi beragam budaya unik di provinsi ini dan untuk menginspirasi para seniman muda dan lokal untuk melestarikan dan mengembangkan seni untuk generasi berikutnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Nasional Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty berkomentar bahwa sebuah perayaan meriah yang berakar pada budaya lokal dan kearifan pribumi, bertindak sebagai media penguatan persatuan di antara masyarakat. "Selain menyatukan masyarakat, Festival Budaya Isen Mulang juga menarik banyak wisatawan baik domestik maupun internasional. Tahun 2018 ini, kami berharap bisa melihat lebih banyak wisatawan mancanegara dan domestik," tambah Esthy Reko Astuti.

Kalimantan Tengah saat ini, lebih dikenal dengan tempat perlindungan orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Untuk mencapai Tanjung Puting, terbang dari Palangkaraya ke kota lainnya, Pangkalanbun. Dari sini naik perahu sungai setempat ke Tanjung Puting.

or cancel

Event Lainnya di kalimantan-tengah more »