Cari Tempat Wisata


Pantai Selong Belanak : Pesona Pantai yang Indah Serasa di Hawaii

Pantai Selong Belanak : Pesona Pantai yang Indah Serasa di Hawaii
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Views : 1304

Sudah tidak asing lagi dikalangan wisatawan bahwa Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang memiliki pesona yang khas, salah satunya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih yang bersih dan lembut dengan garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 1 km.

Pantai Selong Belanak cukup popular di Lombok karena keindahan dan keasrian yang ditawarkan. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup unik, membentuk seperti bulan sabit. Di ujung garis pantai terdapat beberapa bukit yang mempesona. Di bagian selatan pantai terdapat pemukiman penduduk yang bekerja sehari-hari sebagai nelayan. Oleh karena itu di selatan pantai ini akan banyak ditemukan perahu-perahu nelayan sehingga kurang cocok untuk aktivitas air.Sementara di bagian utara pantai cukup sepi , memiliki pasir putih yang halus, airnya tenang dan jernih sehingga sangat cocok untuk melakukan aktifitas air.

Pantai Selong Belanak akan ramai dikunjungi pada saat liburan terutama pada bulan Juni-Agustus, namun pada hari biasa pantai ini akan kelihatan sepi dan hanya terlihat beberapa pengunjung saja. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang mencari suasana yang tenang, damai dan menjauhkan diri dari keramaian.

Beberapa wisatawan asing menyebutkan bahwa Pantai Selong Belanak mirip dengan Hawai karena tekstur alamnya dan gaya warung-warung yang ada di sekitarnya memiliki kemiripan.  Di sepanjang pantai tersedia kursi-kursi dan payung-payung untuk bersantai, Anda dapat bersantai sambil menikmati kelapa muda yang segar .

Aktifitas

Ombak yang cukup tenang dan laut yang dangkal membuat pengunjung banyak memanfaatkan untuk belajar surfing, berenang dan bermain pasir mulai dari anak-anak hingga dewasa. Aktifitas air lainnya yang juga menarik adalah snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Apabila tidak ingin bermain air, Anda cukup bersantai di kursi-kursi yang disediakan sambil membaca buku. Bagi Anda yang menyukai tantangan, memancing adalah aktifitas yang patut Anda coba. Anda dapat menyewa perahu nelayan yang membawa Anda ke spot yang banyak ikannya.

Faslitas

  1. Area parkir yang luas
  2. Penyewaan peralatan surfing
  3. Kursi-kursi tempat bersantai di sepanjang pantai
  4. Warung-warung yang menjual beragam makanan dan minuman

Penginapan

Disekitar Pantai Selong Belanak terdapat Kuta Paradise Lombok dan Kuta Indah Hotel

Mencapai Lokasi Pantai Selong Belanak

Jarak Pantai Selong Belanak dari Kota Mataram sekitar 49 kilometer yang dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Dari Kota Mataram, ambil rute menuju ke arah Bandara. Apabila sudah sampai di perempatan penunjak, ambil jalan ke kanan hingga mencapai pertigaan masjid Nurul Huda Batujai belok kiri ke jalur penunjak sampai kelihatan gapura masuk Selong Belanak

or cancel