Cari Tempat Wisata


Pantai Indrayanti : Pantai dengan Nuansa Romantisme di Yogyakarta

Pantai Indrayanti : Pantai dengan Nuansa Romantisme di Yogyakarta
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, Yogyakarta
Views : 231

Indonesia adalah negara kepulauan dengan petualangan pantai tanpa akhir. Pantai Indrayanti yang romantis di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak terkecuali. Pantai ini ditawarkan bagi pasangan yang berniat liburan romantis dan tenang dengan panorama yang unik dibanding pantai lainnya. Selain pasir putihnya yang halus, pantai ini jug dikelilingi oleh batuan besar yang sangat kuat, warna biru laut menghipnotis, mengundang pengunjung untuk datang dan terjun kebawah laut. Lautnya masih jernih dan indah karena sampah atau limbah lainnya belum terkontaminasi di daerah terpencil ini.

Cerita dibalik nama pantai ini cukup menarik. Bagi orang Indonesia, Indrayanti adalah nama populer untuk wanita. Semuanya berawal dengan sebuah restoran bernama 'Indrayanti', yang juga merupakan nama wanita yang memilikinya. Restoran itu memiliki nama yang sangat banyak dipasang di depan pantai. Orang kemudian menyebut pantai ini sebagai pantai Indrayanti, meski Pemkab Gunungkidul secara resmi menamainya pantai Pulang Syawal.

Saat malam tiba, pengunjung bisa menikmati pemandangan cakrawala yang indah, mengubah warnanya dari biru cerah menjadi oranye-merah dan akhirnya kegelapan dengan berkilauan bintang berkelap-kelip di atas. Hal ini membuat pemandangan yang sangat romantis bagi pasangan yang berkunjung ke pantai. Di darat, pemandangan tak kalah hebatnya dengan gazebo-gazebo restoran yang melapisi kilau pantai dengan pencahayaan warna-warni.

Mau tahu mengapa penduduk setempat berhasil melestarikan pantai ini? Mereka menghukum pengunjung dengan denda yang besar setiap sampah yang dibuang sembarangan!

Lingkungan Sekitar

Pantai Indrayanti adalah hamparan pasir panjang yang dilapisi dengan lautan di salah satu ujungnya dan gazebo-gazebo restoran, toko-toko kecil dan lain-lain di ujungnya. Anda dapat dengan berjalan santai dan menikmati pantai dengan alas kaki yang nyaman.

Makanan

Resto Pantai
Resto Pantai berada di pinggir pantai, menu lengkap dan harga yang terjangkau.
Alamat: Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Telepon: +62 821-3525-5558

Warung Makan Lestari
Alamat: Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Telepon: +62 852-2850-8280

Penginapan

Di sepanjang Pantai Indrayanti terdapat banyak pilihan penginapan. Beberapa diantaranya adalah:

Walet Guest House
Letak penginapan Walet Guest House sangat dekat dengan pantai, bisa langsung menyebrang. Penginapannya juga sangat bersih.
Alamat: Pantai Indrayanti, Jl. Pantai Selatan Jawa, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Telepon: +62 852-0017-5454

Penginapan Bambu Lengkung
Penginapan Bambu Lengkung masih cukup dekat dengan pantai. Fasilitasnya sudah ada televisi, AC, rak baju, dan keperluan kamar mandi. Harganya cukup murah hanya Rp. 200.000/malam.
Alamat : Pantai Indrayanti, Jalan Pantai Selatan Jawa, Tepus, Gunung Kidul, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia.
Telepon : +62 852-0026-4888

Penginapan Cemara Udang
Penginapan Cemara Udang merupakan penginapan  dengan desain interior dan eksterior yang sangat bagus dan artistik. Semua kamar sudah tersedia dengan AC, Air Panas dan Sarapan untuk 2 orang.
Alamat: Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Telepon: +62 813-2541-4441

Penginapan Joglowatukelir
Jalan Krakal Indrayanti KM. 8, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia.
Telepon: +62 823-2737-7377

Mencapai Lokasi Pantai Indrayanti

Untuk menuju ke Pantai Indrayanti, Anda harus berwisata ke kota Yogyakarta terlebih dahulu. Kemudian, melanjutkan perjalanan menggunakan mobil sendiri atau menyewa kendaraan untuk  ke pantai karena tidak ada angkutan umum yang mengarah langsung ke pantai. Sangat mudah menuju pantai Indrayanti karena jalan yang menuju ke sana sudah dalam kondisi bagus. Jarak antara pantai Yogyakarta dan Indrayanti sekitar 65,8 km, yang berarti perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam.

 

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di DI Yogyakartamore »

Event di DI Yogyakarta more »