Cari Tempat Wisata


Pantai Tanjung Aan di Lombok : Pantai Pasir Merica Tempat Menyaksikan Acara Bau Nyale

Pantai Tanjung Aan di Lombok : Pantai Pasir Merica Tempat Menyaksikan Acara Bau Nyale
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Tanjung Aan, Lombok Selatan,Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Views : 2149

Seperti banyak orang tahu bahwa Lombok memiliki banyak pantai di sepanjang pesisir pulau, kebanyakan pantai sangat indah dan menawan, beberapa di antaranya masih tak tersentuh. Di pantai selatan Lombok, Anda bisa menemukan beberapa pantai ikonik, salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan, tempat kelahiran putri legendaris Mandalika. Terletak sekitar 75 km selatan Mataram, dibutuhkan sekitar satu jam setengah perjalanan dari kota, dan sekitar 10 menit dari Pantai Kuta Lombok. Pantai ini tidak jauh dari kota utama dan jalan menuju pantai sangat terjaga meski jalannya agak kasar saat kita mendekat ke Pantai Tanjung Aan. Akses ke daerah ini cukup mudah, dan bisa ditempuh dengan mobil atau motor. Anda bisa melihat peternakan dan desa yang indah di sepanjang jalan sambil menikmati pemandangan pantai dan pohon kelapa terdekat.

Pantai Tanjung Aan menghadap langsung ke Samudra Hindia, dan  panjangnya sekitar 2 km.  Pasir di Pantai Tanjung sangat unik karena terdapat dua jenis pasir yang berbeda yaitu pasir putih yang terasa lembut seperti tepung ketika diinjak dan pasir putih agak kekuningan terasa kasar seukuran biji merica dan apabila diinjak akan terasa menggelincir.

Aktivitas

Pantai Tanjung Aan adalah tempat yang tepat bagi mereka yang menikmati snorkeling dan berenang, karena ombak yang cukup tenang dan kedalaman lautnya cukup dangkal. Jika Anda tidak memiliki atau melupakan peralatan snorkeling Anda, ada kapal-kapal lokal yang menyediakan kebutuhan untuk snorkeling atau tur keliling pantai. Sore hari, ombak semakin tinggi sehingga peselancar bisa pergi ke Pantai Tanjung Aan untuk mencoba ombaknya. Di seberang pantai, Anda bisa melihat beberapa gubuk anyaman jerami tradisional dan payung. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah gubuk atau payung sambil minum minuman kelapa dan makan makanan ringan serta makanan khas lokal.

Pantai Tanjung Aan juga dikelilingi beberapa bukit hijau. Perbukitan ini memiliki jalur yang cukup menantang. Jalur ini direkomendasikan untuk didaki dan melihat pantai terdekat dari atas sana. Penduduk setempat menyebut bukit Bukit Merese. Selama pendakian, biasanya Anda bisa menemukan kawanan kerbau yang tinggal di daerah tersebut. Rumput hijau terlihat sangat unik dan penduduk setempat sering membandingkannya dengan perbukitan di Selandia Baru. Di atas bukit, Anda bisa melihat luasnya Samudera Hindia dengan air yang jernih berwarna biru kehijaan. Selain itu, Anda juga bisa melihat pantai terdekat seperti Pantai Seger di sebelah barat, dan di sebelah timur, Anda bisa melihat Batu Payung dan Gili Anak Anjakan dari kejauhan. Menikmati matahari terbenam dari puncak bukit juga bisa menjadi momen yang sangat tak terlupakan.

Selama liburan, Anda bisa melihat banyak turis lokal di Pantai Tanjung Aan. Sementara di bulan Februari, Anda bisa melihat lebih banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari mancanegara. Pantai ini sangat ramai selama bulan ini karena ada acara tradisional khusus bernama Bau Nyale. Ritual ini adalah cara untuk memperingati putri legendaris Mandalika, seorang putri yang mengorbankan dirinya dengan melompat dari bukit untuk menjaga kedamaian dan kesatuan di kerajaan. Setelah itu, menurut mitos bahwa putri Mandalika bereinkarnasi menjadi "Nyale" atau cacing laut. Nyale sendiri setelah tertangkap, akan dimasak oleh penduduk setempat.

Fasilitas

Sudah tersedia beberapa fasilitas di sekitar Pantai Tanjung Aan tetapi masih belum lengkap dan masih dalam tahap pengembangan. Fasilitas yang sudah tersedia adalah area parkir, warung makan, musholla, kamar mandi, dan penyewaan peralatan snorkeling.

Menuju Lokasi

Terletak sekitar 75 km dari Mataram dan hanya 3 km dari Pantai Kuta, Anda bisa mencapai Tanjung Aan menggunakan mobil pribadi Anda atau taksi. Dibutuhkan waktu setengah jam dari Mataram. Rute yang harus Anda ingat adalah Mataram - Cakranegara - Kediri - Praya - Batuntale - Sengkol - Rambitan - Sade - Kuta dan Anda harus terus sampai Anda tiba di Tanjung Aan. Jika Anda datang dari kota lain dan mampir di Bandara Internasional Lombok, Anda bisa naik kendaraan umum ke Sengkol. Kemudian, Anda harus mengganti angkot lain yang akan membawa Anda ke Pantai Kuta di Kuta. Seperti informasi sebelumnya, hanya 3 km dari Kuta untuk sampai ke Tanjung Aan.

or cancel