Cari Tempat Wisata


Pulau Kri Raja Ampat : Tempat Snorkeling dan Diving yang Direkomendasikan di Papua Barat

Pulau Kri Raja Ampat : Tempat Snorkeling dan Diving yang Direkomendasikan di Papua Barat
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Pulau Kri, Raja Ampat, Papua Barat
Views : 1905

Baik snorkeling maupun diving merupakan aktivitas yang menarik dan umumnya disukai traveler. Masalahnya adalah traveler harus mencari tempat yang bagus untuk melakukan aktivitas seperti itu sebelum masuk ke air. Di Kabupaten Raja Ampat, Pulau Kri menjadi salah satu referensi terbaik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Lokasinya berada di Distrik Meos Mansar dan memiliki beragam karang dan banyak ikan yang berwarna-warni, semuanya itu  layak untuk ditelusuri. Belum lagi air menawarkan visibilitas top-notch dan gelombang laut moderat. Kri terletak di dekat Pulau Mansuar, sehingga memiliki keindahan dan atraksi yang sama. Pada umumnya, traveler akan mengunjungi kedua pulau selama perjalanan mereka.

Ukuran pulau lebih kecil dari yang lain. Sebagian besar juga ditutupi pepohonan. Untungnya, beberapa pantai tersedia untuk dikunjungi, sehingga traveler bisa menikmati berbagai olahraga air seperti snorkeling dan diving. Berenang juga memungkinkan, terutama bagi para pemula. Ombaknya tidak cukup kuat. Beberapa tempat menyelam tersedia di dekat Sorido dan Kri Eco Resort. Tak heran, ini menjadi tempat favorit turis untuk bisa berkumpul atau pergi snorkeling. Selain itu, resor menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai!

Menjelajahi Pulau Kri

Daya tarik terbaik di Pulau Kri adalah pembentukan karang yang menakjubkan. Ini tersebar di seluruh tempat menyelam, sehingga setiap orang dapat menjelajahinya dengan mudah. Selain eksplorasi, penyelam diperbolehkan memotret karang tersebut. Satu hal, mereka seharusnya tidak pernah merusak atraksi alam yang indah itu. Pemerintah daerah telah memberi perhatian lebih terhadap kondisi karang tersebut karena vandalisme, yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pencegahan semacam ini semoga bisa memberantas tindakan tidak bertanggung jawab dalam waktu dekat. Dengan demikian, lebih banyak wisatawan yang bisa menikmati keindahan bahari murni di Pulau Kri.

Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi desa terdekat, yang disebut Yenbuba. Beberapa penduduk desa tinggal di sana dan mereka mungkin mengenalkan budaya lokal kepada pengunjung. Sebenarnya kebanyakan dari mereka hidup sebagai nelayan. Masalahnya mereka menggunakan metode tradisional dalam menangkap ikan, yaitu menggunakan tombak. Teknik semacam ini disebut "Molo". Hanya penduduk setempat yang mampu melakukannya, karena membutuhkan ketrampilan dan pengalaman. Bagi wisatawan, kegiatan tersebut menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke desa.

Adapun tipnya, wisatawan seharusnya datang dengan membawa uang yang cukup. Mereka akan menggunakannya untuk menyewa speedboat, kamar, dan peralatan snorkeling. Belum lagi bermanfaat untuk membeli makanan lokal. Bagaimanapun, ini adalah liburan yang layak direkomendasikan. Menghabiskan sejumlah uang untuk sebuah petualangan hebat bernilai seribu pengalaman. Dalam hal ini, Pulau Kri menawarkan banyak nilai kepada pengunjung. Selain itu, terletak di Mansuar, sehingga orang bisa menikmati dua pulau yang berbeda secara bersamaan.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Kri

Perjalanan ke Pulau Kri dianggap melelahkan dan panjang, terutama yang datang dari Jakarta. Tujuan pertama adalah Bandara Marinda Waisai City. Dari sana, traveler bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Waisai. Hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengendarai speedboat ke Pulau Kri. Lokasi ini dekat dengan Pulau Mansuar, sehingga mudah dijangkau.

or cancel