Cari Tempat Wisata


Kepulauan Ayau Raja Ampat : Pulau yang Terkenal dengan Budaya Lokal dan Keindahan Alamnya di Papua Barat

Kepulauan Ayau Raja Ampat : Pulau yang Terkenal dengan Budaya Lokal dan Keindahan Alamnya di  Papua Barat
Kategori : Wisata Bahari / Diving & Snorkeling
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Kepulauan Ayau, Raja Ampat, Papua Barat
Views : 3990

Banyak sekali pulau yang ada di Kabupaten Raja Ampat, sehingga wisatawan bisa menjelajah semuanya. Salah satunya disebut Kepulauan Ayau dan terletak di sebelah utara Pulau Waigeo. Sebenarnya, ini adalah sebuah distrik dan memiliki beberapa desa seperti Runi, Boiseran, Dorekhar, Yenkanfan, dan Yenkawir. Karena adanya banyak permukiman, wisatawan dapat menikmati budaya dan cara hidup yang berbeda. Selain budaya lokal, pulau ini juga terkenal dengan keindahan alamnya. Itu berarti Ayau layak untuk ditonton juga.

Dari segi keindahan, Ayau dianggap tidak bercacat. Berkat laut yang menakjubkan dan tanaman yang rimbun. Sebenarnya, Ayau terdiri dari beberapa pulau kecil. Semuanya memiliki alam yang masih murni dan suasana yang menyegarkan. Satu-satunya masalah adalah aksesibilitas. Hal ini karena keterbatasan garis pantai. Fitur penting berikutnya adalah air laut yang dangkal dan hangat. Meski begitu, sebagian besar laut cukup dalam. Dalam hal ini, wisatawan harus mempelajari pilihan tempat menyelam sebelum masuk ke dalam.

Menjelajahi Pulau Ayau

Aktivitas wisata paling umum di Pulau Ayau adalah bermain di air. Beberapa pantai bisa didekati, sehingga pengunjung bisa menjelajahinya dengan mudah. Air laut yang hangat dan nyaman sangat cocok untuk pemula. Belum lagi visibilitasnya yang bagus. Formasi karang cukup megah dan indah. Bahkan dimungkinkan untuk menangkap beberapa gambar di bawah air. Dari segi fasilitas yang tersedia, tidak ada instruktur yang tersedia di Ayau. Itu berarti wisatawan seharusnya menyewa satu di Sorong atau Kota Waisai.

Tempat menyelam itu selalu ada pengunjung setiap hari. Bahkan para orang tua masih memiliki semangat untuk melakukannya. Hal ini cukup mengesankan karena penduduk setempat juga berperan dalam mengelola resor dan tempat liburan lainnya di Raja Ampat. Orang-orang ini juga bisa berbicara bahasa Inggris sehingga sangat berguna saat mengumpulkan informasi terkait akomodasi terdekat, tempat wisata, dan kuliner. Wisatawan bisa menyewa agen tur lokal jika perlu, dengan harga yang terjangkau.

Menyelam adalah aktivitas terbaik yang harus dilakukan di Kabupaten Raja Ampat, tanpa diragukan lagi. Beberapa tempat menyelam bahkan memiliki reruntuhan sejarah Perang Dunia II.  Selain itu, pengunjung bisa melakukan hal lain seperti jalan-jalan, penjelajahan pulau-pulau di sekitarnya, menyaksikan sunset, dan mendekatkan diri ke penduduk setempat untuk menambah pengalaman. Pesona kawasan ini telah sampai ke telinga semua orang sehingga lebih banyak pengunjung yang cenderung datang ke sana dalam waktu dekat. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga memiliki budaya, kuliner, dan sejarah yang menarik.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Ayau

Dari Jakarta, wisatawan perlu naik pesawat terbang dan menuju ke Kota Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat). Dibutuhkan sekitar 2 hari dan 4 jam. Sebagai alternatif, wisatawan bisa mengunjungi Kota Sorong terlebih dahulu sebelum menuju ke Waisai. Perjalanannya cukup melelahkan, tapi tidak akan mengecewakan.

or cancel