Cari Tempat Wisata


Pulau Birie di Raja Ampat : Tempat Snorkeling Terbaik dan Liburan yang Menakjubkan di Papua Barat

 Pulau Birie di Raja Ampat : Tempat Snorkeling Terbaik dan Liburan yang Menakjubkan di Papua Barat
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Pulau Birie, Raja Ampat, Papua Barat
Views : 1699

Liburan yang menakjubkan termasuk tempat wisata terbaik. Bagi yang mencari petualangan, ada tujuan yang direkomendasikan disebut Pulau Birie. Terletak di dekat Pulau Batanta dan milik Kabupaten Raja Ampat. Sebagian besar wisatawan terkesan dengan keindahan bahari dan pantai yang tenang. Tidak hanya Pulau Birie yang memiliki laut dan daerah pesisir yang menakjubkan, pulau ini menawarkan berbagai jenis binatang liar termasuk kelelawar buah, hiu, burung beo, manta, kakaktua, dan dugong! Dengan semua atraksi tersebut, tidak ada yang akan kecewa saat berkunjung ke pulau ini. Ini adalah ide berikutnya untuk liburan berikutnya.

Deskripsi pertama Pulau Birie terkait dengan pantai. Pasirnya putih seperti pantai lain di Kabupaten Raja Ampat, tapi sedikit lebih kasar. Beberapa kerikil berserakan di atasnya, sehingga wisatawan perlu memperhatikan langkah mereka saat berjalan di pantai. Pantai ini juga memiliki pepohonan rimbun atau rindang, yang memberi tempat berlindung pada panasnya matahari. Itu berarti pengunjung bisa duduk dan rileks di bawah mereka sambil menikmati pemandangan laut dari kejauhan. Ketika datang ke laut, airnya berwarna biru dan jernih!

Menjelajahi Pulau Birie

Bagian paling populer dari Pulau Birie terletak di utara, yang menjadi tempat terbaik untuk snorkeling. Dengan visibilitas yang bagus, para penyelam bisa mengamati karang dan binatang yang agung seperti manta dan dugong! Kawasan itu juga terletak di dekat Boryomggung Homestay, dimana wisatawan bisa menginap dan bersantai. Apalagi akomodasi ini juga menyediakan paket snorkeling spesial bagi pengunjung. Harganya agak mahal, tapi terkadang ada diskon. Sedangkan untuk tipsnya, lebih baik datang pada hari kerja, karena harganya lebih murah.

Snorkeling menjadi kegiatan utama di Pulau Birie, namun ada lebih banyak pilihan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, ada penjelajahan hutan. Wisatawan diperbolehkan menjelajahi pepohonan yang rimbun, mengamati burung-burung cantik seperti kakatua putih dan burung beo. Beberapa kelelawar buah lokal juga terlihat di sana, terutama di sore hari. Koloni semacam itu nampaknya menyeramkan bagi sebagian orang, namun tidak membahayakan manusia. Semua binatang itu layak dipotret juga. Dengan demikian, pengunjung seharusnya sudah menyiapkan kamera sebelum menjelajahi hutan kecil tersebut.

Petualangan berikutnya adalah di Arefi, yang merupakan desa terdekat. Masalahnya, wisatawan harus naik perahu sekitar 15 menit untuk mencapai penyelesaian tersebut. Penduduk desa baik dan ramah terhadap pengunjung, jangan lupa untuk mencicipi  makanan mereka yang hebat! Ini juga menjadi kesempatan untuk belajar budaya mereka. Di akhir liburan, wisatawan bisa kembali ke homestay untuk makan malam. Tamu bisa mencoba masakan nasional yang lezat, terutama makanan lokal. Belum lagi harganya yang terjangkau.

Perjalanan atau Rute Menuju Pulau Birie

Ada beberapa titik perhentian dalam mencapai Pulau Birie. Dari Jakarta, naik pesawat ke Bandara Eduard, yang terletak di Kota Sorong. Selanjutnya, mengunjungi Pelabuhan Sorong dan menyewa speedboat untuk mencapai Pulau Batanta. Dari sana, naik lagi ke Birie. Memang butuh sejumlah uang untuk mencapai tujuan akhir, tapi itu akan sangat bernilai!

or cancel